Pelindo II Diminta Pekerjakan Warga Kalibaru di NPCT 1

Sejumlah tokoh masyarakat dan perwakilan pengurus Koperasi TKBM Kalibaru pekan lalu (6/9) menemui Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok I Nyoman Gde Saputra untuk menyampaikan keinginan agar warga dipekerjakan di New Priok Container Terminal 1 (NPCT 1).

 

Dalam pertemuan tersebut, I Nyoman Gde Saputra berjanji memperhatikan aspirasi warga Kalibaru tersebut. Karena itu, Nyoman meminta pihak Koperasi TKBM Kalibaru mengirimkan salinan sertifikasi keterampilan bongkar muat yang sudah diikuti warga Kalibaru tersebut.

Seperti diketahui, NPCT 1 akan resmi beroperasi Selasa (13/9). Peresmian rencananya akan dilakukan Presiden Jokowi dengan didampingi oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama.

Ketua Koperasi TKBM Kalibaru, Slamet Purnomo mengatakan hingga saat ini pihaknya tetap berharap Pelindo II sebagai pengelola NPCT 1 memprioritaskan warga Kalibaru untuk bekerja sebagai TKBM di terminal tersebut. Apalagi warga Kalibaru sudah memiliki sertifikasi kemampuan melakukan kegiatan bongkar muat sebagaimana yang diminta pihak pengelola NPCT 1 dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok.

Menurut Slamet, keinginan yang disampaikan warga Kalibaru tersebut sama sekali tidak mengada-ada. Hal ini mengingat keberadaan NPCT 1 yang secara administratif berada di wilayah Kelurahan Kalibaru. Tidak hanya itu, warga juga sudah berkali-kali melakukan aksi unjuk rasa ke Kantor Koperasi TKBM Kalibaru agar bisa bekerja di NPCT 1.

“Apa yang kami lakukan menyelenggarakan diklat sertifikasi TKBM, bertemu dengan stakeholders Pelabuhan Tanjung Priok semata-mata demi kepentingan warga Kalibaru dan menjaga operasional NPCT 1 berjalan dengan lancar,” ujar Slamet, Minggu (11/9).

Hal yang sama diungkapkan H Markasan, salah satu tokoh masyarakat Kalibaru yang berharap pemerintah maupun pengelola pelabuhan bersikap bijak dengan mempekerjakan warga sekitar NPCT 1.

322 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *