Pemerintah Akan Bebaskan Izin Kapal Ikan di Bawah 10 GT

Presiden akan siapkan Perpres atau Inpres untuk tidak lagi diharuskan membuat izin bagi kapal-kapal ukuran di bawah 10 GT.

 

MARINDO-Pemerintah akan membebaskan izin bagi kapal ikan dengan ukuran di bawah 10 GT. Hal imi merupakan langkah keberpihakan pemerintah terhadap nelayan kecil.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, saat ini pemerintah melalui KKP melakukan berbagai terobosan bagi keberpihakan terhadap nelayan kecil. Setelah sebelumnya memberikan kemudahan kredit bagi nelayan, KKP juga akan membebaskan izin kapal bagi para nelayan yang memiliki kapal ukuran di bawah 10 GT.

“Hal ini menyusul arahan Presiden Joko Widodo agar nelayan kecil bisa melakukan penangkapan ikan tanpa perlu izin Surat Laik Operasi (SLO) untuk berlayar dan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) untuk penangkapan,” ujar Susi kepada wartawan.

Terkait dengan pembebasan izin tersebut, kata Susi, Presiden akan siapkan Perpres atau Inpres untuk tidak lagi diharuskan membuat izin bagi kapal-kapal ukuran di bawah 10 GT.

Sebelumnya, Menteri Susi telah mengeluarkan surat edaran kepada pemerintah daerah (Pemda) baik Gubernur atau Bupati untuk menghilangkan izin bagi nelayan yang melaut dengan menggunakan kapal berukuran di bawah 10 GT.

Namun surat edaran yang diterbitkan 7 November 2014 yang lalu itu belum terealisaikan oleh Pemda, sehingga dibutuhkan aturan yang lebih kuat, melalui Inpres atau Keppres.

“Dengan adanya aturan tersebut, diharapkan dapat memudahkan nelayan untuk melaut, sehingga kesejahteraan nelayan dapat meningkat dan roda ekonomi sektor kelautan dan perikanan dapat terus bergerak,” katanya. [nss]

259 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *