28.400 Paket Konverter Kit Akan Dibagikan Kepada Nelayan Pada 2017

Dengan konverter kit nelayan bisa menghemat biaya pemakaian BBM sekira 60 persen.

MARINDO–Bahan bakar minyak (BBM) merupakan kebutuhan utama bagi nelayan saat melaut mencari ikan. Sekira 60 persen biaya melaut dihabiskan untuk BBM. Nah, sebagai salah satu upaya diversifikasi energi serta untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya di sektor kelautan dan perikanan, pemerintah membagikan konverter kit kepada para nelayan.

Konverter kit ini bertujuan untuk mengurangi pemakaian BBM bagi nelayan. Sebab dengan konverter kit, nelayan diharuskan (mengkonversi) menggunakan bahan bakar gas (LPG), sehingga dapat menghemat biaya operasional saat melaut.

Saat ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah membagikan paket konverter kit kepada sejumlah nelayan di Cirebon, Tuban dan Cilincing-Jakarta. “Pada tahun ini, Kementerian ESDM membagikan 5.473 paket konverter kit,” ujar Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas, Kementerian ESDM Alimuddin Baso.

Kegiatan ini tentunya disambut antusias oleh para nelayan. Namun nelayan berharap Pemerintah dapat meningkatkan jumlah unit konverter kit yang dibagikan tahun depan karena masih banyak nelayan yang membutuhkan.

“Pinginnya dapat semua (nelayan) supaya semuanya senang. Ada teman saya yang mesinnya sudah rusak, belum dapat konverter kit,” kata Walim (42), nelayan asal Cilincing.

Walim merupakan salah satu dari 154 nelayan di Jakarta Utara yang beruntung mendapat paket konverter kit dari Pemerintah. Dengan menggunakan alat ini, Walim berharap dapat menekan biaya BBM yang harus dikeluarkan setiap melaut.

“Biasanya kalau melaut saya menginap semalam, menghabiskan BBM sekitar 8 liter yang tiap liternya dibeli Rp 8.500. Katanya kalau pakai LPG lebih murah. Lumayanlah buat jajan anak-anak,” ujarnya.

Antusiasme nelayan terhadap pembagian konverter kit ini memang sangat tinggi karena dapat menghemat biaya BBM sekira 60 persen. Namun lantaran keterbatasan dana Pemerintah, pembagian konverter kit dilakukan secara bertahap.

Alimuddin Baso mengatakan, pemerintah berencana membagikan 28.400 paket konverter kit untuk nelayan di 25 kabupaten/kota pada tahun 2017. Dia berharap anggarannya dapat disetujui oleh DPR sehingga semakin banyak nelayan yang dapat menikmati manfaatnya. [nss]

309 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *