Implementasi Tri Dharma, STIP Jakarta Berikan Diklat Gratis 306 Calon Pelaut

Targetnya sebanyak 306 calon pelaut dari warga sekitar usia produktif (kerja) namun terkendala finansial. Program diklat yang diberikan secara gratis itu meliputi  Pelatihan diklat ketrampilan BST, SAT, MFA, Pelatihan diklat pelaut Rating dan  Pembuatan Buku Pelaut

MARINDO– Sekolah Tinggi  Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta yang berlokasi di Marunda Jakarta Utara komitmen menjalankan Tri Dharma Pendidikan yakni Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan serta Pengabdian kepada Masyarakat.

Untuk implementasi point Pengabdian kepada Masyarakat, STIP memprogramkan pendidikan dan latihan (diklat) kepelautan  secara gratis tahun 2016 ini kepada warga sekitar. Dalam hal ini targetnya sebanyak 306 calon pelaut dari warga sekitar usia produktif (kerja) namun terkendala finansial. Program diklat yang diberikan secara gratis itu meliputi  Pelatihan diklat ketrampilan Basic Safety Training (BST),  Pelatihan diklat ketrampilan Security Awareness Training (SAT), Pelatihan diklat ketrampilan Medical First Aid (MFA), Pelatihan diklat pelaut Rating dan  Pembuatan Buku Pelaut.

Beberapa waktu lalu (17/10) program diklat gratis tersebut telah dimulai untuk gelombang pertama diikuti sebanyak 138 orang. Pembukaan dilaksanakan di  di Ruang Auditorium STIP, Jalan Marunda Makmur, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Hadir dalam acara itu antara lain, Ketua STIP yang saat itu masih dijabat oleh  Pranyoto Camat Cilincing Purnomo,  dan sejumlah pejabat terkait baik dari Polisi dan TNI setempat.

Pranyoto, mengatakan pelaksanakan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Marunda tersebut merupakan kegiatan yang baru pertama kali dilakukan oleh instansinya dengan maksud membantu warga dari ekonomi tidak mampu untuk mendapatkan kesempatan yang sama untuk menjadi pelaut.

“Ini juga merupakan instruksi dari Presiden Joko Widodo yang menginginkan instansinya memberdayakan masyarakat d isekitarnya. Kami sebagai institusi vokasional di bidang kepelautan memutuskan untuk mengadakan diklat calon pelaut gratis bagi masyarakat yang ingin menjadi pelaut dan lulus seleksi,” ujar Pranyoto.

Sementara itu, Camat Cilincing, Purnomo, mengatakan pihaknya berterima kasih kepada jajaran dari STIP yang memberikan kesempatan warganya yang sebagian besar berasal dari kelas ekonomi menengah ke bawah.

“Kesempatan baik yang diberikan oleh pemerintah pusat ini sudah seharusnya dimanfaatkan semaksimal mungkin, oleh sebab itu saya menghimbau agar warga yang mengikuti pelatihan kepelautan tersebut bisa menaati aturan-aturan yang berlaku selama proses pelatihan,” kata Purnomo.

Dikatakannya wilayah Cilincing memang didominasi oleh masyarakat dari kelas ekonomi menengah ke bawah dengan dominasi permukiman padat penduduk di wilayah Kelurahan Kalibaru, Semper, dan Cilincing.

“Kita harapkan kegiatan seperti ini akan terus dilakukan secara berkelanjutan, jadi bisa mengurangi angka pengangguran di wilayah Cilincing dan membantu perekonomian warga,” tadasnya.  (HBB)

787 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *