Bangka Belitung Kembangkan Potensi Wisata Lewat Festival

Ada tiga hal yang harus diperhatikan oleh Pemprov mau pun Pemda Belitung, yaitu menambah jumlah destinasi, memperbanyak event atau acara-acara unggulan, serta memperbaiki infrastruktur menuju kawasan wisata nasional.

MARINDO–Satu dari 10 destinasi wisata unggulan yang dicanangkan Presiden Joko Widodo adalah Belitung. Pulau dengan sebutan “Laskar Pelangi” ini memiliki potensi pariwisata yang sangat besar untuk dikembangkan, satu di antaranya wisata bahari.

Untuk mengembangkan potensi tersebut telah dilakukan berbagai upaya oleh pemerintah setempat. Salah satunya melalui Festival Belitung. Festival Belitung 2016 kali ini digelar di Pantai Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung, pada Sabtu (22/10).

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian acara Sail Selat Karimata yang puncaknya telah dilaksanakan di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, pada 15 Oktober 2016.

Deputi IV Bidang SDM, Iptek, dan Budaya Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Safri Burhanuddin, dalam pembukaan festival tersebut mengatakan, Festival Belitung 2016 diharapkan dapat menambah daya tarik para wisatawan baik lokal maupun wisatawan asing untuk datang ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, khususnya di Kabupaten Belitung.

Tidak hanya itu, Safri juga mengatakan kemajuan pariwisata Belitung juga merupakan fokus perhatian Kemenko Maritim.

belitong-2

Menurut Safri, untuk mempercepat pertumbuhan pariwisata di Belitung, ada tiga hal yang harus diperhatikan oleh Pemprov mau pun Pemda Belitung, yaitu menambah jumlah destinasi, memperbanyak event atau acara-acara unggulan, serta memperbaiki infrastruktur menuju kawasan wisata nasional.

“Status sejumlah acara unggulan di Belitung agar ditingkatkan. Kegiatan yang sebelumnya levelnya regional atau daerah, agar ditingkatkan menjadi acara nasional. Begitupun dengan acara atau kegiatan yang berstatus nasional agar ditingkatkan menjadi event berskala Internasional,” kata Safri pada acara tersebut (22/10).

Sementara itu Gubernur Bangka Belitung, Rustam Effendi dalam kesempatan yang sama mengajak seluruh masyarakat Bangka Belitung untuk bahu membahu dalam menonjolkan potensi wisata yang dimiliki oleh Belitung ini.

“Kepada masyarakat mari kita menarik investasi dan juga wisatawan untuk datang ke sini (Belitung) agar jadi devisa buat kita,” ajak Rustam.

Bupati Belitung, Sahani Saleh menambahkan, telah ada berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah Belitung untuk meningkatkan sektor pariwisata di Belitung ini. Salah satunya adalah dengan mengadakan Festival Belitung 2016 ini.

“Di Belitung sendiri ada empat event yang sering digelar dalam setahun. Sementara atraksi-atraksi yang telah ada akan tetap dikembangkan karena potensi di Belitung ini memang luar biasa,” pungkasnya. [nss]

308 total views, 3 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *