Event Wisata Belitung Akan Masuk Kalender Tahunan

Pemerintah Daerah Belitung harus fokus mengangkat potensi pariwisata di sana. Berbagai festival yang mengangkat citra Belitung perlu terus diselenggarakan.

MARINDO–Pulau Belitung memiliki potensi pariwisata yang sangat besar untuk dikembangkan. Letak posisinya yang geostrategis menjadi modal untuk Belitung sebagai satu dari sepuluh destinasi terbaik Indonesia yang telah dicanangkan Presiden Jokowi.

Deputi IV Bidang SDM, Iptek, dan Budaya Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Safri Burhanuddin mengatakan, untuk merealisasikan itu, Kemenko Maritim akan segera melakukan rapat koordinasi dengan kementerian terkait. Salah satunya adalah Kementerian Pariwisata.

“Kita akan bicarakan event-event yang ada di Belitung ini agar bisa masuk ke dalam kalender event tahunan agar bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha wisata di seluruh dunia,” kata Safri di sela acara Festival Belitong 2016 yang digelar di Pantai Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, Sabtu (22/10).

Pemerintah memang saat ini sedang berusaha meningkatkan rangking pariwisata Indonesia. Dijelaskan Safri, pada tahun 2014 lalu, Indonesia berada pada urutan 70 dunia. Saat ini telah berada di urutan 50 besar dunia. “Ranking ini akan bisa dinaikkan ke posisi 30 dunia kalau warga dapat menjaga kebersihan,” katanya.

Belitung memang memiliki lokasi yang strategis. Orang yang mau ke Jakarta dari Singapura atau dari Singapura ke Jakarta pasti lewat Belitung. “Dari sini ke Singapura hanya sejam, begitupun ke Jakarta. Potensi ini harus dimanfaatkan, apa yang bisa dikembangkan,” terang Safri.

Safri juga berharap, dengan dimasukkannya Belitung dalam zonasi wilayah pariwisata strategis, diharapkan Pemerintah Daerah Belitung dapat fokus mengangkat potensi pariwisata daerahnya.

Berbagai festival yang telah diadakan saat ini, seperti festival laskar pelangi, festival lomba mancing, tour de Belitung, dan festival kuliner, harus terus diselenggarakan tiap tahunnya.

“Sejumlah acara unggulan di Belitung agar ditingkatkan. Kegiatan yang sebelumnya levelnya regional atau daerah, agar ditingkatkan menjadi acara nasional. Begitupun dengan acara atau kegiatan yang berstatus nasional agar ditingkatkan menjadi event berskala Internasional,” harap Safri.[nss]

268 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *