Kemenko Maritim Lelang Jabatan Pimpinan Tinggi Madya

Hingga 5 tahun ke depan, Kemenko Maritim membutuhkan sekira 300 karyawan PNS.

MARINDO–Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melelang jabatan setingkat pimpinan tinggi madya untuk menduduki kursi eselon I.a dan II.a. Pendaftaran dibuka secara online mulai 20 Oktober 2016 sampai 9 Nopember 2016.

Jabatan yang dilelang tersebut ialah Sekretaris Kemenko Maritim, Staf Ahli Menteri Bidang Hukum Laut, Staf Ahli Menteri Bidang Sosio-Antopologi Maritim, Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Maritim, Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Konektivitas, dan Asisten Deputi Navigasi dan Keselamatan Maritim.

Sesmenko Bidang Kemaritiman Asep Djembar Muhammad mengatakan, sesuai UU No. 5 Tahun 2015 tentang Aparatur Sipil Negara dan Permen Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No.13 Tahun 2014 tentang Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi, dilakukan secara terbuka di lingkungan instansi pemerintah.

“Kemenko Maritim mengundang aparatur sipil negara (ASN) pegawai negeri sipil pusat dan daerah untuk mengisi jabatan tersebut,” kata Asep di kantornya kepada Maritim Indonesia.

Selain persyaratan umum, pengisian jabatan tersebut meliputi persyaratan khusus. Untuk jabatan Sekretaris Kementerian Koordinator, misalnya, pendidikan minimal S2 atau sedang menduduki jabatan struktural eselon II dan diutamakan yang membidangi kesekretariatan.

Untuk Saf Ahli Menteri Bidang Hukum Laut diutamakan dengan latar pendidikan bidang hukum dan diutamakan bidang hukum laut.

Staf Ahli Menteri Bidang Sosio- Atropologi Maritim dengan latar belakang pendidikam diutamakan bidang sosio antropologi.

Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Maritim dengan latar belakang pendidikan diutamakan bidang ekonomi dan bidang kemaritiman.

Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Konektivitas dengan latar belakang pendidikan diutamakan bidang transportasi, teknik industri dan manajemen.

Sementara untuk Asisten Deputi Navigasi dan Keselamatan Maritim dengan latar pendidikan diutamakan bidang geomatika dan transportasi.

Pelamar melakukan pendaftaran aecara online melalui website Kemenko Maritim. Sementara untuk seleksi administrasi akan dilaksanakan pada 10-11 November 2016 dan pengumuman hasil seleksi pada 12 Nopember 2016.

Lebih jauh Asep menjelaskan, hingga 5 tahun ke depan Kemenko Maritim membutuhkan sekira 300 karyawan PNS, termasuk dengan sejumlah jabatan. Sementara saat ini baru terisi separuhnya atau sekira 150 orang PNS.

“Dengan demikian kita harapkan sekitar 200 karyawan non PNS yang ada saat ini, dalam 5 sampai 10 tahun ke depan sudah tidak ada lagi. Artinya semua tenaga non PNS sudah terisi oleh PNS,” jelas Asep.

Untuk memenuhi penempatan PNS di lingkungan Kemenko Maritim, lanjut Asep, pihaknya sudah mengajukan formasi penempatan pegawai kepada Kemenpan dan Reformasi Birokrasi. Ia mengakui lambatnya penempatan pegawai PNS di Kemenko Maritim disebabkan adanya moratorium perekrutan PNS yang dikeluarkan pemerintah. [nss]

369 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *