GERAKAN MAKAN IKAN : KKP Gelar Lomba Masak Serba Ikan

Kelebihan ikan dibanding makanan lain adalah lebih praktis dalam penyajian karena tidak perlu disembelih. Ikan juga memiliki kandungan gizi yang lengkap.

MARINDO–Potensi perikanan Indonesia yang besar seyogyanya dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung terwujudnya kedaulatan pangan dan gizi, keberlanjutan sumberdaya ikan dan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali menggelar Lomba Makan Tingkat Nasional yang ke-14 kalinya.

Direktur Akses Pasar dan Promosi, Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Ines Rahmania, mengatakan lomba masak ikan ini sebagai upaya peningkatan konsumsi ikan yang harus terus digalakkan diseluruh wilayah Indonesia.

“Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Nasional ke-14 adalah salah satu sarana promotif edukatif yang dilakukan KKP bersama Tim Penggerak PKK untuk mendorong kreativitas para ibu dalam mengolah ikan serta mempromosikan makan ikan pada masyarakat luas,” ungkap Ines saat membuka acara Lomba Masak Serba Ikan di JIExpo Kemayoran Jakarta, Sabtu (11/11).

Melalui kerjasama dengan kementerian/lembaga dan organisasi seperti Tim Penggerak PKK, lanjut Ines, upaya peningkatan konsumsi ikan terus disosialisasikan ke seluruh lapisan masyarakat.

“Dengan begitu, gerakan peningkatan konsumsi ikan akan menjadi massif dan cepat sampai ke tingkat dasa wisma,” lanjutnya.

Lebih jauh Ines mengatakan, kelebihan ikan dibanding makanan lain adalah lebih praktis karena tidak perlu disembelih dan ikan juga memiliki kandungan gizi yang lengkap. Harga dan jenisnya beragam sehingga mudah diakses oleh semua serta tidak ada agama yang melarang untuk memakan ikan.

Para peserta lomba
Para peserta lomba

Lomba Masak Serba Ikan dinilai dapat menjadi langkah awal untuk melihat berbagai peluang, serta meningkatkan daya saing disegala aspek dengan sebaik-baiknya. Selain itu, upaya peningkatan mutu produk perikanan, efisiensi usaha dan distribusi serta peningkatan akses pasar agar produk perikanan bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat.

Hal ini tentunya sejalan dengan Instruksi Presiden No. 7/2016 tentang Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional, yang mengamanatkan untuk meningkatkan konsumsi ikan nasional.

Lomba masak serba ikan tingkat nasional ke-14 dilaksanakan tanggal 12 November 2016 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta dan bertemakan: “Melalui Lomba Masak Ikan Tingkat Nasional Kita Dukung Kedaulatan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan yang Berkelanjutan untuk Kesejahteraan dan Kecerdasan Masyarakat”.

Lomba ini diikuti oleh Tim Penggerak PKK yang menjadi Juara I tingkat Provinsi. Melalui lomba masak serba ikan diharapkan menu yang dihasilkan dapat didesimenasikan ke seluruh keluarga Indonesia.

Di depan para peserta, Ines mengajak dan menyerukan yell yell untuk memasyarakatkan konsumsi ikan. [nss]

592 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *