Indonesia Bisa Jadi Produsen Ikan Hias Terbesar di Dunia

Produksi ikan hias Indonesia terus mengalami peningkatan pada rentang waktu 2009 hingga 2013 yang menempatkan Indonesia sebagai produsen ikan hias peringkat empat dunia.

MARINDO--Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan (Balitbang KP) tengah menyusun Rencana Aksi Nasional (RAN) untuk mewujudkan Indonesia sebagai produsen ikan hias nomor satu di dunia.

Kepala Badan Litbang KP M. Zulficar Mochtar mengatakan, ada tiga langkah menjadikam Indonesia menjadi.produsen ikan hias terbesar di dunia. Yaitu, mengenal dan menguasai perdagangan ikan hias secara internasional, memahami konstalasi internal (data, perijinan, kemitraan), dan strategi (roadmap, business plan, rencana aksi).

“Diperlukan sinergi antar pemerintah dan seluruh stakeholder ikan hias untuk mewujudkan hal tersebut,” ujar Zulficar saat membuka diskusi pada rangkaian acara rekreasi, edukasi, informasi, komunikasi, konservasi dan atraksi (REIKKA) 2016, di Depok (14/11).

Menurut Zulficar, wujud nyata atas sinergi tersebut dituangkan dalam komitmen bersama RAN yang dibacakan Kepala Balitbang KP yang memuat langkah yang akan dilakukan sebagai berikut, pertama, mempercepat penyusunan Roadmap dan RAN Ikan Hias, menuju RI sebagai produsen ikan hias nomor satu di dunia tahun 2019.

Kedua, mengkonsolidasikan kekukatan untuk implementasikan Roadmap dan RAN tersebut, temasuk membentuk komisi multi pihak, memperkuat komitmen dan mengefisiensikan proses perizinan ikan hias.

Selain itu, memperkuat jaringan transportasi, konsolidasi data dan informasi, optimasi promosi, meningkatkan produksi dan mutu, serta mendukung praktek perikanan ikan hias yang berkelanjutan.

Hal senada disampaikan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan (Puslitbangkan), Prof. Dr. Hari Eko Irianto. Menurut Hari Eko, program memajukan ikan hias Indonesia untuk membentengi agar tidak menambah panjang daftar ikan hias lokal Indonesia masuk Appendix, menambah jumlah jenis ikan hias Indonesia yang terancam punah, dan menangkal ikan hias asli Indonesia diklaim oleh negara lain.

“Sudah saatnya potensi ikan hias yang kita miliki harus kita manfaatkan dan kelola dengan sebaik-baiknya, dan kami juga terus dorong lahirnya kebijakan-kebijakan yang akan menghantarkan kita ke posisi teratas dalam perdagangan ikan hias dunia,” katanya.

Berdasarkan data perdagangan ikan hias UN Comtrade, produksi ikan hias Indonesia terus mengalami peningkatan pada rentang waktu 2009 hingga 2013 yang menempatkan Indonesia sebagai produsen ikan hias peringkat empat dunia.

Bahkan dalam dua dekade terakhir, Indonesia merupakan pengekspor penting untuk perdagangan ikan hias dunia. Saat ini Indonesia menempati urutan ke-5 di dunia untuk Ekspor Ikan hias air tawar dan urutan ke-3 untuk ikan hias air laut.

Keanekaragaman hayati ikan hias Indonesia sangat tinggi. Indonesia tercatat memiliki 400 spesies ikan hias air tawar dan 650 spesies ikan hias air laut serta masih banyak spesies ikan hias yang belum teridentifikasi. [nss]

716 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *