Tingkatkan Produktivitas, ASDP Akan Tambah 60 Kapal Baru

Pada tahun 2015, ASDP telah membukukan laba lebih dari Rp224 miliar atau 18,5 persen dari target laba yang ditetapkan sebesar Rp189 miliar.

MARINDO–PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) berencana membeli 60 kapal baru dalam 5 tahun ke depan untuk meningkatkan layanan sesuai pertumbuhan dan kebutuhan pasar.

Perseroan tersebut juga akan meningkatkan produktivitas kapal yang ada seperti di rute penyeberangan Merak-Bakauheni. Di lintasan tersibuk ini, kapal ASDP hanya beroperasi 12 hari dalam sebulan karena banyaknya perusahaan jasa penyeberangan di sana.

“Kapal-kapal besar di Merak akan kami gunakan untuk rute lain yang akan kami kembangkan agar lebih produktif. Kami juga akan beli kapal-kapal baru, dari sebelumnya kapal bekas, agar bisa mengambil pasar yang tumbuh,” Plt Direktur Utama PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi di sela acara program ASDP Bersih ini, Selasa (15/11).

Peluncuran program ASDP Bersih ini dimanifestasikan lewat kerja bakti di atas KMP Portlink III, di Pelabuhan Merak Banten. Program ini merupakan gerakan kolektif dan kontinyu seluruh jajaran manajemen dan karyawan untuk mengedepankan perilaku kerja bersih dari praktek penyimpangan yang merugikan pengguna jasa, perusahaan dan negara.

Menurut Faik Fahmi, pada tahun 2015, BUMN ini membukukan laba lebih dari Rp224 miliar, atau 18,5 persen dari target laba yang ditetapkan sebesar Rp189 miliar.

Untuk pencapaian pada semester I-2016, ASDP berhasil membukukan laba bersih Rp88,5 miliar atau tumbuh 22% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebesar Rp72,5 miliar.

Perseroan juga berhasil meraih pendapatan sebesar Rp1,11 triliun atau tumbuh 3% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebesar Rp1,08 triliun.

Perseroan tengah menggenjot percepatan dan pembangunan infrastruktur pelabuhan, dan meningkatkan kinerja pendapatan, pelayanan serta keselamatan.

Adapun, total kebutuhan investasi untuk 2016 sekira Rp2,3 triliun. Saat ini, PT ASDP telah mengoperasikan armada kapal feri hingga 139 unit, melayani lebih dari 195 lintasan & mengelola 35 pelabuhan serta memiliki Sumber Daya Manusia lebih dari 4.122 orang. [nss]

590 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *