Produk Olahan Ikan Perindo Tembus Pasar Korsel

Kontainer pertama yang diekspor berisi ikan layang produksi dari unit bisnis Perindo di Tahuna.

MARINDO–Perum Perikanan Indonesia (Perindo) melalui unit bisnisnya di Tahuna berhasil melakukan shipment atau pengiriman ekspor ikan perdana dengan tujuan Korea Selatan. Pelepasan kontainer pertama tersebut dilakukan oleh Direktur Operasi dan Pemasaran Perindo Dendi Anggi Gumilang bertempat di PPS Bitung, Sulawesi Utara, pada Selasa (15/11).

Pelepasan ekspor tersebut juga disaksikan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Felix Gaghaube. Turut hadir dalam acara tersebut antara lain, jajaran Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sulawesi Utara, Kepala PPS Bitung Hendry M. Batubara,dan perwakilan tim Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Tahuna.

Kontainer pertama yang diekspor berisi ikan layang produksi dari unit bisnis Perindo di Tahuna yang berfokus pada pengolahan ikan. “Ekspor perdana tersebut dapat terlaksana berkat kerjasama dengan salah satu perusahaan pelayaran nasional, yakni PT. Rahayu Perdana Trans Cabang Bitung,” kata Dendi Anggi Gumilang.

Sebelumnya dilakukan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pimpinan PT. Rahayu Perdana Trans Cabang Bitung dengan Direktur Operasi dan Pemasaran Perindo. Kedua pihak sepakat untuk bekerjasama pemanfaatan sarana dan prasarana guna mengembangkan bisnis perikanan.

Dendi Anggi Gumilang berharap, Perindo mampu secara kontinyu memproduksi olahan ikan tuna yang berkualitas dengan kuantitas yang terus bertambah untuk meningkatkan ekspor produk perikanan Indonesia. “Ke depannya, selain Korea Selatan masih terdapat peluang ekspor ke berbagai negara di Asia hingga Eropa,” jelasnya.

Menurut Dendi, pasar ekspor yang terbuka lebar menjadi peluang bagi perusahaan untuk mengembangkan aktivitas bisnis pengolahan ikan salah satunya di Tahuna. Dukungan dari berbagai pihak utamanya Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan serta Pemerintah Daerah setempat sangat berarti bagi perusahaan dalam menjalankan bisnis dalam rangka meningkatkan daya saing produk kelautan dan perikanan.

Perindo adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi dan perdagangan ikan dan hasil laut, budidaya ikan, udang, sidat, dan sumber daya perairan baik daratan maupun lautan. Perindo juga melebarkan usahanya pada pengolahan ikan dan hasil laut, produksi dan perdagangan sarana dan prasarana produksi perikanan, serta pengelolaan pelabuhan dan kawasan industri perikanan.

Berkantor pusat di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman, Muara Baru, Jakarta Utara, Perindo memiliki cabang dan unit bisnis mulai dari Aceh hingga Papua. [nss].

foto : beritadaerah.co.id

466 total views, 5 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *