Kemenhub Cabut Lisensi Terbang Pilot Tekad Purna

Pencabutan izin terbang Tekad tersebut dilakukan karena hasil tes Balai Kesehatan Penerbangan Kemenhub menyatakan kondisi Kapten Tekad tidak stabil secara kesehatan jiwa dan fisik.

MARINDO–Pilot Citilink yang diduga mabuk pada penerbangan Surabaya-Jakarta (2/1) lisensi terbangnya dicabut secara permanen oleh Kementerian Perhubungan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pilot Tekad Purna terbukti telah melakukan pelanggaran dalam kapsitasnya sebagai seorang pilot yang dapat membahayakan penumpang.

“Saudara Tekad kami nyatakan lisensi penerbangannya dicabut, karena terdapat bukti yang cukup melakukan pelanggaran,” ujar Budi pada konferensi pers yang digelar di kantor Otoritas Bandara Wilayah 1, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (4/1/2017).

Di tempat yang sama, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo menguatkan, lisensi terbang Tekad dicabut secara permanen. Pencabutan izin terbang Tekad tersebut dilakukan karena hasil tes Balai Kesehatan Penerbangan Kemenhub menyatakan kondisi Kapten Tekad tidak stabil secara kesehatan jiwa dan fisik.

“Dari hasil wawancara, tidak stabil dari kesehatan. Fisik lainnya pun dinyatakan un-fit. Balai Kesehatan Penerbangan menyatakan tidak fit,” kata Suprasetyo.

Sementar itu, Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Arman Depari yang turut hadir konfres tersebut mengatakan, saat ini Tekad Purna masih dalam pemeriksaan BNN. BNN, kata Arman, mengambil sampel untuk uji lab kandungan zat adiktif pada Tekad.

“Kami sudah mulai melakukan pemeriksaan awal terhadap seorang oknum pilot maskapai nasional atas nama TP. Kami akan melakukan uji laboratorium pada sampel urine, darah, dan rambut,” kata Arman.

BNN juga akan melakukan pemeriksaan saksi-saksi yang terkait, serta melakukan pemeriksaan rumah tinggal sementara. Hasilnya akan segera diumumkan. [NSS]

731 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *