Menteri Susi Lantik Eko Djalmo Asmadi Sebagai Dirjen PSDKP

Pelantikan ini menepis anggapan banyak pihak, baik di internal maupun di luar KKP, bahwa Ditjen PSDKP akan dilebur (merger) dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) lainnya.

MARINDO–Setelah lama dibiarkan kosong, akhirnya kursi Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (Dirjen PSDKP) terisi sudah. Bertempat di GMB III Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melantik Laksda (TNI AL) Eko Djalmo Asmadi sebagai Dirjen PSDKP baru, pada Jumat, (20/1).

Sebelumnya, Eko Djalmo Asmadi merupakan perwira tinggi Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang menjabat sebagai Deputi Pengkajian dan Penginderaan (De Jiandra) di Dewan Ketahanan Nasional.

Dalam sambutan pelantikan tersebut, Menteri Susi berharap Eko Djalmo Asmadi dapat membawa kesegaran baru di lingkungan Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (Ditjen PSDKP). “Kami ingin bapak membawa ketertiban dan semangat pejuang dari Angkatan Laut,” ujar Susi dalam sambutannya.

Pelantikan ini menepis anggapan banyak pihak, baik di internal maupun di luar KKP, bahwa Ditjen PSDKP akan dilebur (merger) dengan Direktorat Jenderal lainnya. Terang saja, kursi jabatan eselon IA ini dibiarkan kosong dalam waktu lama. Apalagi selama ini untuk soal pengawasan di sektor kelautan dan perikanan Menteri Susi malah lebih memprioritaskan Satgas 115 di mana dia sebagai komandan di dalamnya.

Lebih jauh Susi menyatakan, ia tak hanya melantik pejabat baru, tetapi akan melakukan pertajaman tugas dan fungsi para jajarannya, serta membuat regulasi untuk mengurangi overlapping dan pemborosan di tubuh KKP. Penataan dan evaluasi kinerja pegawai secara terus menerus juga menjadi prioritasnya.

“Dari aspek sumber daya manusia, kita juga perlu melakukan penataan dan harus terus menerus mengevaluasi kinerja pegawai. Begitu pula dengan sistem atau bisnis proses kita juga harus melakukan banyak perbaikan agar semua pekerjaan dapat kita selesaikan dengan cepat dan efisien,” kata Susi. [NSS]

1,161 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *