Kemenko Maritim-LPDP Kampanyekan Beasiswa Indonesia Timur

Keunikan beasiswa ini adalah mensyaratkan kekhususan bagi penduduk asli kawasan Indonesia Timur seperti Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat dan Nusa Tenggara.

MARINDO–Kementerian Koodinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mengkampanyekan Beasiswa Indonesia Timur kepada para rektor perguruan tinggi se-Maluku Utara, di kota Ternate (07/02/).

Acara yang digelar di rumah dinas Gubernur Maluku Utara, itu dihadiri oleh Direktur LPDP Mokhamad Mahdum dan Asisten Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan Maritim, Kemenko Maritim, TB. Haeru Rahayu.

Menurut TB. Haeru, Beasiswa Indonesia Timur bukan kebijakan afirmatif, tapi lebih membuka informasi dan kesempatan lebih luas bagi calon mahasiswa yang tinggal di Indonesia Timur. Targetnya adalah saat kembali dari pendidikan mereka bisa memajukan daerahnya.

Sementara itu Direktur Mokhamad Mahdum mengungkapkan, program studi prioritas disesuaikan dengan kebutuhan propinsi yang terbagi dalam program studi; Teknik, Natural Science, Kewirausahaan dan Pariwisata.

“Kami mendorong calon mahasiswa memilih studi manufaktur agar ilmu yang didapat dapat berkontribusi dalam pembangunan daerah. Kalau bisa dalam pekerjaan harus sesuai dengan keilmuannya. Jangan sampai seorang lulusan teknik bekerja di bank misalnya,” ujar Mahdum.

Keunikan beasiswa ini adalah mensyaratkan kekhususan bagi warga negara Indonesia (WNI) dan penduduk asli kawasan Indonesia Timur seperti Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat dan Nusa Tenggara.

Keunikan lainnya, beasiswa ini terlihat pada program persiapan studi yang meliputi program nasional kebangsaan, program pengayaan bahasa, program penguatan mimpi dan motivasi dalam membangun Indonesia Timur serta program pembinaan penelitian dan pemilihan kampus.

“Beasiswa Indonesia Timur merupakan investasi masa depan untuk daerah timur Indonesia khususnya,” tambah TB. Haeru.

Sementara perguruan tinggi tujuan terdiri dari beasiswa ini adalah 300 perguruan tinggi terbaik dunia di Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan yang ditetapkan oleh LPDP. Beasiswa yang ditawarkan meliputi beasiswa program master (S2) dan doctoral (S3).

Sosialisasi Beasiswa Indonesia Timur masih terus berlanjut ke Ambon, Kupang, Jayapura hingga Manokwari. Info lebih lanjut di www.lpdp.kemenkeu.go.id. [NSS]

500 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *