Presiden Jokowi Sebut Tol Laut Turunkan Harga Komoditas Hingga 30 persen

Presiden Jokowi berencana menambah 100 kapal rakyat untuk masyarakat seluruh Indonesia.

MARINDO–Pemerintah berupaya mewujudkan pembangunan tol laut guna memudahkan konektivitas antarpulau. Seusai menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2017, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melanjutkan kunjungan kerjanya menuju Pelabuhan Yos Sudarso, Kota Ambon, Kamis (9/2).

Di pelabuhan ini, Presiden Joko Widodo meninjau dua unit Kapal Ferry Ro-Ro yang merupakan program bantuan dari Kementerian Perhubungan guna memudahkan arus barang dan arus manusia yang semakin dinamis di kawasan Provinsi Maluku. Dua kapal ferry itu adalah Kapal Ro-Ro Lelemuku yang melayani rute Saumlaki-Adaut-Letwurung, sementara Kapal Ro-Ro Tanjung Sole melayani rute Namlea-Manipa-Waesala.

“Kita menambahkan dua kapal 500 GT (Gros Ton) yaitu Kapal Lelumuku dan Kapal Tanjung Sole,” ujar Presiden Joko Widodo di sela kunjungan tersebut.

Kepala Negara berharap dengan adanya penambahan dua kapal tersebut, harga komoditas yang ada di kawasan Provinsi Maluku bisa mengalami penurunan yang siginifikan mengingat adanya penambahan rute dan kapasitas yang diakomodir dua kapal tersebut.

“Ini sudah dicek harga turun antara 20 persen sampai 30 persen karena adanya rute-rute baru, adanya kapal-kapal baru,” ungkapnya.

Selain itu, Presiden Joko Widodo menyatakan akan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Provinsi Maluku, khususnya Kota Ambon, untuk belajar tentang ilmu kepelautan hingga mendapatkan sertifikat yang dapat digunakan untuk masa depan mereka. “Karena tadi saya tanya tidak ada yang punya,” tuturnya.

Bukan hanya kapal besar, Presiden Joko Widodo juga berencana menambah 100 kapal rakyat untuk masyarakat seluruh Indonesia mengingat visi maritim Indonesia yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo pada awal pemerintahannya.

“Untuk seluruh Indonesia tahun ini akan tambah lagi tujuh rute plus 100 kapal,” ujarnya. [NSS]

717 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *