Presiden Jokowi Janjikan Anak Nelayan Sekolah Ke Jepang

Presiden Jokowi meminta SUPM melakukan seleksi kepada siswanya untuk diberi bantuan belajar ke Jepang.

MARINDO–Presiden Joko Widodo menjanjikan anak nelayan dari Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Waiheru, Ambon, Maluku, untuk belajar budidaya mutiara ke Jepang.

Hal ini dikatakan Presiden Jokowi lantaran untuk pembelajaran budidaya jenis perikanan tersebut, SUPM masih meminta bantuan Jepang, khususnya dalam pengadaan nukleus dan tenaga ahlinya.

“Nanti agar diseleksi lima sampai enam siswa, terutama dari anak-anak nelayan, untuk disekolahkan ke Jepang mempelajari kerang mutiara,” janji Jokowi di sela kunjungannya di SUPM Negeri Waiheru, Ambon, Maluku, Kamis (9/2).

SUPM Negeri Waiheru, Ambon, merupakan salah satu satuan pendidikan menengah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Pembudidayaan mutiara termasuk salah satu pelajaran utama di SUPM di samping pembudidayaan ikan. Wilayah Maluku terutama di Dobo, Kepulauan Aru, memiliki sumber daya kerang mutiara yang sangat potensial.

Pihak SUPM membenarkan, saat ini ahli dalam proses operasi atau penanaman nukleus pada kerang mutiara dimiliki oleh Negara Jepang. Nukleus untuk kerang tersebut juga masih didatangkan langsung dari Jepang. Untuk pembelajaran, SUPM masih meminta bantuan Jepang dalam pengadaan nukleus dan pendatangan tenaga ahlinya.

Tidak saja untuk jurusan budidaya, Presiden juga berjanji akan membantu anak nelayan yang cerdas untuk melanjutkan sekolah ke Jepang bagi semua jurusan seperti pengolahan, penangkapan, maupun mesin perikanan.

Siswa SUPM sangat antusias atas kunjungan Presiden tersebut. Mereka memanfaatkan dengan baik kesempatan berdialog langsung dengan Presiden. [NSS]

1,108 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *