Suplai Tenaga Pelaut, Kemenhub Wisuda 1.184 Taruna PIP Semarang dan BP2IP Barombong

Lapangan kerja di pelayaran masih terbuka luas, untuk itu Kemenhub memberikan kesempatan kepada masyarakat yang kurang mampu untuk mengikuti diklat pemberdayaan masyarakat secara gratis.

MARINDO–Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) melantik 1.184 pelaut pada Jumat (24/2) di Kampus Terpadu Transportasi, Salodong, Makassar, Sulawesi Selatan.

Pelantikan yang dipimpin oleh Kepala BPSDMP, Wahju Satrio Utomo, merupakan lulusan dari Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makasar dan Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Barombong.

Dalam sambutannya, Tommy sapaan akrab Wahju, menyampaikan ucapan selamat dari Menteri Perhubungan kepada para lulusan. “Menteri Perhubungan, Bapak Budi Karya Sumadi, mengucapkan selamat atas prestasi yang anda capai sehingga bisa seperti ini, dan terus ingat negara yang yang telah memfasilitasi anda di manapun bertugas nanti,” ungkapnya.

Tommy juga mengingatkan peserta wisuda bahwa pelantikan menjadi perwira niaga memiliki makna dan nilai melekat yang harus diterapkan dalam karir dan kehidupan nantinya. “Ketika anda kembali ke lingkungan keluarga dan berada di tengah-tengah masyarakat, maka jadikanlah diri anda sebagai panutan dan bermanfaat dimanapun berada,” jelasnya.

Tommy menambahkan, lapangan kerja di pelayaran masih terbuka luas, makanya Kemenhub melalui BPSDMP juga memberikan kesempatan kepada masyarakat yang kurang mampu untuk mengikuti diklat pemberdayaan masyarakat secara gratis, agar mereka juga berpeluang untuk berkarir di sektor transportasi.

“Saya minta kepada pra pimpinan lembaga diklat di lingkungan BPSDMP untuk terus mengoptimalkan sarana prasarana diklat guna menjamin mutu keterampilan dan kompetensi bagi para lulusan diklat pemberdayaan, dengan menampilkan kekuatan keunggulan yang dimiliki,” tegasnya.

Direktur PIP Makassar, Ahmad Wahid, menyampaikan bahwa lulusan PIP Makassar sebanyak 581 orang yang terdiri dari Program Diploma IV, Diklat Pelaut I (DP I), DP II dan DP III. “Diploma IV sebanyak 223 orang, Nautika 118 dan Teknika 105 orang. Untuk DP I kita luluskan 68 orang, DP II 107 orang, dan DP III 183 orang,” jelasnya.

Wahid juga menambahkan bahwa DP I terdiri dari ANT-I sebanyak 35 orang dan ATT-I sebanyak 33 orang. Untuk DP II adalah ANT-II sebanyak 63 orang dan ATT-II 44 orang. “Untuk DP III, ANT-III 99 orang dan ATT-III 84 orang,” tambahnya.

Sementara itu Kepala BP2IP Barombong, Irwan, menyampaikan bahwa semua lulusannya adalah program DP IV yang berjumlah 603 orang. “Semua DP-IV, pembentukan ada 123 orang dan peningkatan ada 480 orang,” ungkapnya.

Selesai acara, Tommy bersama Wahid dan Irwan menyempatkan diri foto bersama Agus Salim, taruna yang beberapa hari lalu mengalami kecelakaan sepeda motor sehingga tidak bisa mengikuti prosesi pelantikan karena harus menggunakan kursi roda. [NSS]

867 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *