Selain KM Kelimutu, Kini KM Lawit Juga Berlayar Ke Karimunjawa

Kapal-kapal Pelni bisa dijadikan hotel terapung bagi wisatawan yang berminat berkeliling Karimun Jawa selama akhir pekan.

MARINDO–Terhitung 11 Maret 2017 lalu, PT Pelni (Persero), telah menambah satu kapal penumpang yang menuju ke Karimunjawa, Jawa Tengah, yakni KM Lawit. Penambahan ini untuk merespon kebutuhan penduduk di Kepulauan Karimunjawa yang membutuhkan moda transportasi yang mampu berlayar di cuaca buruk sekalipun.

Corporate Secretary PT Pelni Didik Dwi Prasetio mengatakan, KM Lawit yang berkapasitas 1000 orang ini sandar di Karimunjawa setiap hari Sabtu pada pekan ke-2 dan pekan ke-4 setiap bulannya. Jadwal KM Lawit ini diharapkan mampu mendorong aktivitas perekonomian penduduk di Kepulauan Karimunjawa yang hendak ke Semarang.

Berbeda KM Lawit, KM Kelimutu yang sudah masuk di Karimun Jawa sejak 2015 ditujukan untuk mengangkut wisatawan dari Semarang yang akan menuju Kepulauan Karimun Jawa. KM Kelimutu berangkat dari Semarang setiap Jumat malam, dan kembali ke Semarang pada Minggu siang. KM Kelimutu sendiri berangkat dari Pelabuhan Tanjung Mas ke Karimunjawa pada pekan ke-1 dan ke-3 setiap bulannya.

“Dengan begitu, setiap pekan ada satu kapal Pelni yang melayani kebutuhan transportasi antara Semarang-Karimunjawa-Semarang atau sebaliknya. Dengan pelayanan di atas kapal yang semakin baik dan lengkap, kontribusi Pelni kepada perekonomian masyarakat maupun industri pariwisata di kedua wilayah tersebut dapat semakin besar,” tambah Didik Dwi Prasetio.

KM. Kelimutu juga menjadi salah satu kapal untuk kegiatan Study On Board dari Semarang dan Karimunjawa. Ke depannya, Pelni juga akan mencoba menawarkan kepada wisatawan dari Kumai yang akan berwisata ke Karimunjawa.

Selain mengangkut penumpang dari dan menuju Kepulauan Karimunjawa, KM Kelimutu juga dijadikan sebagai hotel terapung selama bersandar di Kepulauan Karimunjawa. Dengan waktu sandar yang lebih dari 24 jam, sudah beberapa travel perjalanan lokal yang memberikan paket wisata yang menyertakan kapal Pelni sebagai hotel terapung bagi wisatawan yang berminat berkeliling Karimun Jawa selama akhir pekan.

“PT. Pelni telah mendukung penuh peningkatan perekonomian Kabupaten Karimunjawa dengan KM. Lawit dan KM. Kelimutu. Selain itu perusahaan BUMN transportasi laut ini juga telah mendukung program kunjungan wisata yang dicanangkan pemerintah,” terang Didik.

Sebagai catatan, PT Pelni saat ini mengoperasikan 26 kapal penumpang yang melayari 90 lebih pelabuhan di Indonesia. PT Pelni juga mengoperasikan 6 kapal Tol Laut dan 46 kapal perintis yang keduanya merupakan penugasan resmi dari Pemerintah. Pada tahun 2017 ini, PT Pelni berhasil menghubungkan (connecting) jadwal pelayaran kapal penumpangnya dengan kapal perintis. [NSS]

812 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *