Presiden World Maritime University Kagumi Sistem Pendidikan STP

Kehadiran Cleopatra ini dilakukan dalam rangka bertukar pendapat mengenai sistem pendidikan kemaritiman di Indonesia.

MARINDO–President World Maritime University (WMU) Dr. Cleopatra Doumbia-Henry melakukan kunjungan kerja ke Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta, Rabu (5/4/2017), didampingi Ketua STP Mochammad Heri Edy dan Asisten Deputi Pendidikan dan Pelatihan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim), Dr. TB. Haeru Rahayu. Pada kunjungan tersebut, Cleopatra menyatakan rasa kagumnya terhadap sistem pendidikan yang diterapkan STP.

Ketua STP Heri Edy mengatakan, STP merupakan salah satu satuan pendidikan tinggi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), yang berdiri sejak 1962. Satuan pendidikan ini menerapkan sistem pendidikan vokasi dengan pendekatan teaching factory, yang kurikulumnya disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan dunia usaha dan industri.

Pendekatan ini menghadirkan industri di dalam kampus, dengan porsi praktik sebesar 70% dan teori 30%. Perekrutan peserta didik sebesar 46% merupakan anak pelaku utama kelautan dan perikanan (nelayan, pembudidaya, pengolah dan pemasar ikan, serta petambak garam), sementara sisanya merupakan masyarakat umum. Selain di Jakarta, STP memiliki kampus di Bogor dan Serang.

Kedatangan Cleopatra disambut oleh aksi memukau dari permainan dan atraksi drum band STP Genta Bahana Samudera, yang dengan piawai membawakan beberapa lagu.

Kehadiran Cleopatra ini dilakukan dalam rangka bertukar pendapat mengenai sistem pendidikan kemaritiman di Indonesia, khususnya sektor perikanan di STP dan membahas peluang kerja sama dengan STP, antara lain melalui pendidikan di WMU.

“Kami mendidik anak-anak kami terkait dengan kemaritiman, seperti membawa kapal dan menangkap ikan. Mudah-mudahan banyak yang bisa dikerjasamakan terkait perikanan, misalnya di WMU terdapat Program Maritime Law and Policy, yang dapat dikerjasamakan,” ujar Heri.

Selain terhadap pendidikan di STP, Cleopatra juga menyatakan rasa kagum dengan potensi maritim Indonesia. Ia menyatakan, negara ini merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang sangat kuat. Potensi tersebut perlu dimanfaatkan secara optimal, antara lain melalui pengembangan SDM dengan penyelenggaraan pendidikan di STP.

Asisten Deputi Pendidikan dan Pelatihan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim), Dr. TB. Haeru Rahayu mengatakan, Kemenko Maritim telah menandatangani kerja sama dengan WMU tentang pendidikan dan pelatihan kemaritiman. Salah satu hasil kerja sama adalah ditetapkannya kuota bagi 15 orang mahasiswa Indonesia untuk berkuliah di WMU. Kuota tersebut saat ini baru terpenuhi sebagiannya.

Usai melakukan pertemuan, Cleopatra menerima cindera mata dari STP serta menuliskan pesan kesannya. “I wish to recognize the important work of Jakarta Fisheries University as a unique institution which has professionalized fishing making it an attractive profession for both women and men. Many thanks!” tulisnya.

Ia sangat concern dengan kesetaraan gender, sehingga merasa senang ketika berkeliling kampus menemui taruni dan pegawai perempuan, yang kemudian diajaknya berdialog dan berfoto bersama. Ia mengingatkan, perempuan dapat mendapatkan hak berkerja yang sama seperti kaum lelaki.

Cleopatra kemudian mengunjungi fasilitas-fasilitas di STP, seperti laboratorium kimia, workshop permesinan kapal perikanan, dan teaching factory pengolahan hasil perikanan, sebagai rangkaian acara terakhir pada kunjungannya di STP. [NSS]

477 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *