Band Angkatan Laut AS Tampil Memukau di Sekolah Tinggi Perikanan

Band yang terdiri dari tujuh personil US Navy itu membawakan enam lagu, satu di antaranya berbahasa Indonesia.

MARINDO–Band prajurit Armada ke-7 Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy), 7th Fleet Band, tampil memukau dan penuh energik di hadapan sivitas akademika Sekolah Tinggi Perikanan (STP), pada Rabu (12/4/2017), di aula kampus STP, Jakarta Selatan. Kegiatan tersebut menjadi bagian dari rangkaian pertukaran seni budaya antara Amerika Serikat dan masyarakat Indonesia.

Ketua STP Mochammad Heri Edy mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka mempererat kerja sama peran pemuda maritim antara Indonesia dan AS. “Angkatan Laut Amerika Serikat tidak hanya tangguh mengarungi laut tetapi juga mahir memperagakan di bidang seni dan budaya. Ini adalah kerja sama yang sangat bagus, antara STP dengan Pemerintah Amerika Serikat. Mudah-mudahan dapat terjalin terus pada masa-masa mendatang,” ujarnya.

Sebelum penampilan band tersebut, para taruna STP menampilkan terlebih dahulu seni budaya Indonesia, berupa tari burung asal Bali dan tari penyambutan dari Papua. Tarian serupa pernah ditampilkan para taruna STP di acara World Expo Milano di Italia pada 2015. Ditampilkan pula yel-yel taruna dari Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan.

Jed Taro Dornburg, Deputy Cultural Attache Kedutaan Besar AS untuk Indonesia di Jakarta, mengapresiasi sinergi pihaknya dengan STP tersebut. “Penampilan yang sangat luar biasa. Kami benar-benar menikmati kedua penampilan, baik dari STP maupun dari US Navy. Kami sangat megapresiasi kerja sama dengan STP,” ungkapnya.

Band yang terdiri dari tujuh personil US Navy itu membawakan enam lagu, satu di antaranya berbahasa Indonesia. Band ini biasa membawakan musik di berbagai acara beraliran rock, pop, ska, soul, rhytm and blues, dan aliran lainnya sesuai selera favorit penonton.

Sinergi STP dengan AS bukanlah yang pertama kali. Pada 2015, diresmikan Indonesia-America Network, di STP Jakarta, yang dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Duta Besar AS untuk Indonesia kala itu Robert O. Blake Jr, dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman saat itu Indroyono Soesilo. Sebagai tindak lanjut, dilakukan kuliah melalui video conference dengan beberapa universitas terkemuka di AS di bidang kelautan dan perikanan. [NSS/AULIA]

1,263 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *