Menhub Budi Imbau Pemudik Manfaatkan Angkutan Motor Gratis Lebaran

Menhub menghimbau masyarakat dapat memanfaatkan mudik gratis dengan angkutan kapal ro-ro tersebut, selain hemat biaya dan tenaga juga dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

MARINDO–Kementerian Perhubungan siapkan subsidi angkutan kapal roll on-roll off (ro-ro) sebanyak 50.000 untuk mengangkut penumpang dan motor gratis pada masa angkutan lebaran 2017/1438 H dengan rincian 32.000 penumpang dan 18.000 sepeda motor tujuan Jakarta ke Jawa Tengah.

Saat ini Kemenhub sedang aktif melakukan sosialisasi kepada pemudik terkait angkutan mudik lebaran dengan menggunakan kapal yang tidak hanya dapat mengangkut penumpang melainkan juga barang.

“Kita sosialisasikan supaya okupansinya bagus. Kapal ini menjadi suatu potensi yang bagus, suatu jalan terbaik untuk lebaran mendatang dengan menambah angkutan mudik melalui kapal. Kalau jalan raya, jalan tol, kereta kan terbatas tetapi dengan kapal itu ruang dan waktu masih banyak. Jadi kalau kita berhasil tahun ini sekitar 50.000, tahun depan ini sudah menjadi format baru angkutan lebaran untuk ke Jawa Tengah, Jawa Timur maupun Sumatera Selatan,” terang Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di sela kunjungannya ke Ternate pada Selasa (9/5).

Menhub menjelaskan beroperasinya kapal ro-ro ini difungsikan untuk mengurangi beban jalan bagi truk yang melewati jalur pantura.

“Kapal ro-ro pada saat lebaran kita fungsikan untuk angkutan truk ke Semarang terutama truk yang memiliki lebih dari 2 sumbu karena terdapat larangan truk dibeberapa jalan tertentu. Kapa ro-ro ini menjadi salah satu cara kita menyelesaikan angkutan truk dari Jakarta menuju Semarang dan Surabaya karena itu akan mengurangi tekanan atau beban jalan utama Jakarta-Surabaya dan juga mengurangi angka kecelakaan lalu lintas,” jelas Menhub.

Lebih lanjut Menhub mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan ASDP terkait beroperasinya Kapal ro-ro tujuan Tanjung Priuk ke Panjang Lampung yang akan digunakan sebagai angkutan lebaran bagi masyarakat yang akan mudik ke wilayah Sumatera.

“Kapal ro-ro dari Tanjung Priuk ke Panjang Lampung sudah ada 3 kapal. Kita sudah koordinasi dengan ASDP, satu yang kita minta kapal yang dioperasikan harus besar, kedua kapalnya berkecepatan tinggi sehingga daya serap untuk mengangkut lebih besar,” kata Menhub.

Menhub menghimbau masyarakat dapat memanfaatkan mudik gratis dengan angkutan kapal ro-ro tersebut, selain hemat biaya dan tenaga juga dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas khususnya pengendara sepeda motor di jalur pantura dan selatan.

“Saya minta pemudik bisa memaksimalkan pengunaan mudik gratis dengan kapal ro-ro. Kita bisa istirahat, hemat tenaga, hemat biaya, selamat, terhindar dari bahaya kecelakaan yang sering terjadi jalur pantura,” tegas Menhub. [NSS]

498 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *