Posko Angkutan Laut Lebaran Tetap Beroerasi Sampai 11 Juli 2017

Angkutan laut memiliki karakteristik khusus dalam hal lama pelayarannya dan juga masih banyaknya masyarakat yang menggunakan angkutan laut.

MARINDO–Direktur Jenderal Perhubungan Laut, A. Tonny Budiono, menyebutkan Posko Angkutan Laut Lebaran untuk arus balik tetap beroperasi hingga tanggal 11 Juli 2017 (H+15) kendati pada hari ini (4/7) Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah resmi menutup Posko Angkutan Lebaran Terpadu di Kementerian Perhubungan.

“Posko Angkutan Lebaran Terpadu siang ini sudah ditutup resmi oleh Menteri Perhubungan berdasarkan Instruksi Menteri Perhubungan No. 14 Tahun 2017. Namun dalam instruksi Menteri tersebut, posko Angkutan Laut Lebaran tetap berjalan hingga H+15,” ujar Tonny.

Hal tersebut terjadi karena angkutan laut memiliki karakteristik khusus dalam hal lama pelayarannya dan juga masih banyaknya masyarakat yang menggunakan angkutan laut untuk arus balik terutama ke wilayah Indonesia bagian Timur.

Tonny menghimbau kepada seluruh jajarannya untuk tetap siap siaga memberikan pelayanan dan melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan angkutan laut dikarenakan pergerakan penumpang diprediksi masih tinggi sampai dengan minggu depan hingga berakhirnya masa liburan sekolah. Pengawasan dan pemantauan terhadap penyelenggaraan angkutan laut ini dilaksanakan melalui Posko Angkutan Laut Lebaran 2017 yang tetap beroperasi hingga H+15 (11 Juli 2017) mendatang.

Dirjen Tonny juga memerintahkan para Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) untuk tidak memberikan izin berlayar bagi kapal-kapal yang tidak laik laut, memuat penumpang melebihi kapasitas kapal, tidak memiliki alat keselamatan yang cukup dan cuaca ekstrem.

Terkait Program Mudik Gratis sepeda motor dengan Kapal Laut, sore ini diberangkatkan Kapal KM. Dobonsolo voyage ke 4 dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. “Kapal KM Dobonsolo sore ini telah mengangkut 209 motor dan 549 orang penumpang,” ujar Tonny.

Adapun arus balik mudik gratis ini telah mencapai puncaknya pada voyage ke-2 tanggal 30 Juni 2017 yang lalu menggunakan KM. Dobonsolo dengan 759 jumlah motor dan 1,802 orang penumpang. Jumlah angkutan motor dan penumpang diprediksi akan kembali melonjak pada pelayaran terakhir pada tanggal 6 Juli mendatang.

“Untuk voyage terakhir (6/7) dengan kapal KM. Dobonsolo, sampai saat ini sudah terdaftar 634 motor dan 1,137 orang penumpang,” jelas Tonny.

“Para pemudik yang akan mengikuti pelayaran arus balik Mudik Gratis Sepeda Motor ini masih dapat mendaftarkan diri secara online di http:/mudikgratis.dephub.go.id atau secara offline di posko Mudik Gratis di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang hingga hari H keberangkatan,” tutup Tonny. [NSS]

 

243 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *