Data Index Logistik Indonesia Alami Penurunan

Menhub meminta kepada ALFI dapat melaporkan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hal-hal yang menghambat selama ini.

MARINDO–Meskipun pembangunan infrastruktur mengalami kenaikan, namun data Index Kerja Logistik pada tahun 2016 mengalami penurunan. Hal ini terlihat dari posisi Indonesia yang berada pada level 63 pada tahun 2016. Padahal pada tahun 2014 Indoneaia berada di posisi 53.

“Data dari Index Kerja Logistik posisi Indonesia pada tahun 2016 berada di peringkat 63 padahal pada tahun 2014 Indonesia berada di posisi 53, padahal kalau kita lihat satu persatu dari apa yang dicapai oleh Indonesia untuk infrastruktur berjalan naik,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai menghadiri syukuran ulang tahun ALFI (Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia) ke 28 di Jakara (25/7).

Untuk itu, seiring dengan perkembangan teknologi, Menhub meminta agar para pelaku usaha khususnya yang bernaung di bawah ALFI untuk dapat menerapkan sistem logistik yang smart. Dengan begitu, Menhub berharap sektor logistik dapat memberikan kontribusi bagi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi nasional.

“Dengan terwujudnya sistem logistik yang smart, tentunya akan lebih efisien, praktis, efektif dan produktif sehingga dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi nasional,’’ kata Menhub.

Ke depan Menhub Budi juga berharap koordinasi antara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) terus ditingkatkan.

Lebih jauh Menhub menjelaskan, pemerintah saat ini mempunyai banyak pekerjaan rumah yang harus dibenahi terhadap apa yang terjadi di masyarakat. Untuk itu Menhub meminta kepada ALFI dapat melaporkan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hal-hal yang menghambat selama ini.

‘’Kita identifikasi, kita bahas dan kita selesaikan, saya meminta pak Yukki (Ketua Dewan Pimpinan Pusat ALFI) untuk membuat beberapa tim kecil dalam tema-tema mikro agar fokus pada masalah yang terjadi. Misalnya ada urusan dengan udara dapat berkoordinasi dengan Dirjen Perhubungan Udara, urusan laut dengan Dirjen Perhubungan Laut begitupun dengan moda yang lainnya, namun dengan usulan-usulan yang kongkrit sehingga Kemenhub dapat menindaklanjuti apa pemikiran-pemikiran yang ada di ALFI,” jelas Menhub.

Pada acara tersebut Menhub melakukan dialog dengan para perwakilan dari Dewan Perwakilan Wilayah seluruh Indonesia, dalam dialog tersebut para perwakilan DPW banyak memberikan masukan dan menceritakan permasalahan-pemasalahan yang terjadi di lapangan saat ini.

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo, para ketua DPW ALFI seluruh Indonesia, mantan Ketua Umum DPP ALFI dan para pengurus pusat maupun daerah ALFI. (NSS)

191 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *