KKP Wisuda 141 Taruna Poltek Bitung

Suasana wisuda Poltek Bitung

MARINDO–Politeknik Kelautan dan Perikanan Bitung, pendidikan tinggi di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), pada Selasa (22/8) melantik dan mewisuda 141 orang taruna Ahli Madya Perikanan Angkatan XVII. Para lulusan dilantik oleh Kepala Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan, M. Zulficar Mochtar.

“Kepandaian akan menjadi tidak produktif apabila tidak disertai dengan jiwa integritas yang tinggi. Sekolah KKP telah dididik dengan nilai-nilai integritas, kejujuran, keberanian, mental baja dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan kedepan. Ini sebagai modal dalam menghadapi tantangan baik di dunia kerja sebagai profesional maupun di dunia usaha sebagai pewira usaha baru,” ujar Zulficar saat mewisuda taruna sekolah tersebut.

Menurut Zulficar, Indonesia kaya dengan potensi kelautan dan perikanan. Lakukan inovasi mulai dari hal-hal kecil sehingga bisa bersaing dan terus kompetitif di masa depan. Untuk itu ia meminta para lulusan untuk menjadi petarung yang tangguh.

Dari 141 orang lulusan, 12 orang di antaranya diserahkan kembali kepada Pemerintah Daerah untuk membangun kelautan dan perikanan di daerah asalnya. Kedua belas putra daerah ini berasal dari Pemkab Sigi, Pemkab Parimo – Sulawesi Tengah, Pemkab Asmat – Papua, dan Pemkab Talaud.

Para putra daerah tersebut menempuh pendidikan di Bitung sebagai bagian dari kemitraan kerja sama yang dibangun oleh Politeknik KP Bitung dengan Pemkab/Pemkot untuk mendukung pembangunan kelautan dan perikanan khususnya di kawasan Indonesia Timur.

Melalui kerja sama tersebut, putra daerah akan langsung menerapkan ilmu, pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya selama perkuliahan. Terlebih mereka juga berasal dari keluarga pelaku utama kelautan dan perikanan di daerah asalnya masing-masing.

Selain 12 orang yang kembali ke daerah asalnya, sejumlah 103 orang lulusan langsung direkrut oleh perusahaan perikanan, 10 orang melanjutkan pendidikan dan 28 orang lainnya masih dalam proses perekrutan dan berwirausaha mandiri. (NS)

221 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *