ISAA Gandeng SAR Maritime Training Center Gelar Diklat CSO

MARINDO – Indonesia Shipping Agency Association (ISAA) bekerjasama dengan lembaga diklat kepelautan SAR Maritime Traing Center di  Jakarta untuk mengadakan sertifikasi CSO (Company Security Officer) sebagaimana dipersayaratkan oleh ISPS Code  yang dikeluarkan oleh IMO (International Maritime Organization).

Pelaksanaan diklat CSO angkatan pertama diadakan pada Selasa, 1 November di Lembaga Diklat SAR Maritime Training Center yang berlokasi di Jalan Pemuda Jakarta Timur. Pada angkatan  I tersebut diikuti 24 peserta dari berbagai daerah, yakni Surabaya, Jambi dan lainnya.

Secara simbolis, pembukaan diklat dilakukan oleh Sekretaris Umum DPP ISAA , H. Aris Hartoyo yang ditandai dengan penyerahan peserta kepada Direktur  SAR Maritime Training Center Z. Lubis

Aris Hartoyo mengatakan, Diklat ini dilaksanakan dalam rangka penyesuian persyaratan bahwa perusahaan keagenan kapal pada awal Januari 2018 harus dilengkapi tenaga  SDM yang memiliki kompetensi dan memiliki sertifikat CSO.  “Gelombang berikutnya, beberapa daerah sudah menyatakan kesiapannya untuk mengikuti program sertifikasi CSO,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Perhubungan telah menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 11 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan dan Pengusahaan Keagenan Kapal. Permen tersebut telah diundangkan pada 28 Januari 2016 oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Dengan diterbitkannya peraturan ini, maka pengusahaan keagenan kapal, selain dapat dilaksanakan oleh perusahaan angkutan laut nasional yang memiliki Surat Izin Usaha Perusahaan Angkutan Laut (SIUPAL), juga dapat dilakukan oleh perusahaan nasional keagenan kapal.* Hab

419 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *