Himpunan Alumni FPIK IPB Gandeng Digital Amoeba Kembangkan Bisnis Perikanan dan Kelautan Berbasis Digital

Civitas akademika FPIK IPB dan C-Culinary makan ikan bersama pada Hari Ikan 2017.

MARINDO–Dalam rangka memperingati hari ikan nasional 2017, Himpunan Alumni FPIK IPB menyelenggarakan acara C-Share sebagai media berbagi wawasan dan ilmu antara alumni dengan civitas akademika FPIK IPB dan C-Culinary makan ikan bersama seluruh alumni dan civitas akademika.

Kegiatan dilakukan di Auditorium Sumardi Sastrakusumah dengan narasumber Fauzan Feisal, CEO Digital Amoeba, PT. Telkom dan Angga Kurniawan,i GM PT Labas.

Kegiatan juga dilakukan untuk memberi motivasi dalam meluruskan niat membangun perikanan dan memperkaya wawasan insan perikanan tentang tidak terbatasnya masa depan yang bisa dibentuk di bidang keahliannya. Dengan adanya teknologi digital akan menambah inspirasi untuk lebih kreatif dalam hal keilmuan dan kewirausahaan sesuai passionnya masing-masing.

Ketua Himpunan Alumni FPIK, Abdul Aziz mengatakan, pengembangan perikanan ke depan harus dapat mengikuti laju perubahan teknologi. “Kreativitas dan inovasi teknologi merupakan fondasi untuk peningkatan nilai tambah produk perikanan,” katanya.

Hal senada dikatakan Dekan FPIK IPB, Luky Adrianto. Menurutnya, ke depan bisnis dan riset perikanan harus berbasis teknologi digital dengan penerapan Internet of Thing (IoT), pengembangan start up bisnis perikanan melalui financial technology (fintech) dan electronic commerce (e-commerce), dan inovasi-inovasi lainnya.

Pada acara C-Share ini CEO Digital Amoeba juga membawa start up binaannya seperti Fishby (platform crowd funding investasi perikanan) dengan CEO-nya Bagus Fachsi Aginsa, ClueTani (marketplace produk agribisnis) dengan CEO-nya Baskara Widhi, dan Angon (platform crowdfunding investasi peternakan) dengan CMO-nya Yoky.

“Untuk berbagi dan memberikan gambaran real bahwa teknologi digital dapat mensupport pertumbuhan UMKM dan kelompok-kelompok di bidang agroindustri,” kata Aziz.

Dijelaskan Aziz, potensi kolaborasi yang dapat dikembangkan antara Digital Amoeba dengan FPIK IPB, di antaranya adalah kolaborasi magang/internship, kolaborasi riset dan keilmuan, kolaborasi sosial ekonomi dan potensi rekrutmen melalui jalur pengembangan start up serta open possibilities sebagai sponsorship untuk kegiatan Festival Ikan Nusantara (FINA) yang direncanakan pada hari ikan nasional tahun 2018.

Dalam momen hari ikan nasional ini juga, Himpunan Alumni FPIK IPB dan Agrianita FPIK-IPB turut berperan serta dalam mencerdaskan bangsa Indonesia dengan mengkampanyekan makan ikan. Melalui pembagian 750 kotak makan ikan gratis untuk seluruh alumni dan civitas akademika FPIK IPB. (tim)

521 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *