SAIL SABANG 2017 : Sabang Menuju Pintu Gerbang Pariwisata Dunia

MARINDO–Selama perhelatan Sail Indonesia sejak tahun 2009, Sail Sabang 2017 merupakan sail yang paling mendapatkan perhatian tinggi dari masyarakat. Terang saja, meskipun diguyur hujan lebat selama acara berlangsung, tetapi tidak mengurangi kemeriahan acara dan antusias masyarakat untuk hadir di acara tersebut. Termasuk Wakil Presiden Jusuf Kalla berkesempatan memjuka acara.

Yang lebih menarik dari perhelatan tahunan itu justru pada tarian kolosalnya. Tari Laksamana Malahayati yang melibatkan 400 siswa siswa-siswi di Kota Sabang dan Banda Aceh, itu mendaoatkan aplaus tak henti-henti dari peserta sail. Bahkan Menlo Maritim Luhut Panjaitan dan Menteri Pariwisata Arif Yahya melakukan standing aplaus.

Dari jumlah kepesertaan sail kali ini memang tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya. Menurut Menteri Luhut dikarenakan faktor cuaca yang tidak mendukung. “Direncanakan ada 100 yacht yang hadir dari berbagai negara, tapi karena cuaca tidak mendukung, maka hanya 18 yacht dari 7 negara saja yang bisa hadir,” ujar Luhut pada pembukaan Sail Sabang, di Pelabuhan BPKS (Badan Pengelola Kawasan Sabang), Kota Sabang, pada Sabtu (2/12/17).

Jumlah peserta lainnya adalahi 13 KRI, 1 Kapal Research Baruna Jaya VII milik LIPI, 2 Tall Ship (KRI Bima Suci dan KRI Dewa Ruci), 1 Cruise Ship (Cruise Costa Victoria), dengan 2200 penumpang.
Pelaksanaan puncak Sail Sabang sendiri berlangsung pada 28 November sampai 5 Desember 2017.

“Jumlah pengunjung terbesar dan Jumlah Event terbanyak. Selama Sail Sabang 2017 diperkirakan sebanyak 20.000 pengunjung serta terdapat 26 event pada rangkaian kegiatan Sail Sabang 2017,” tambah Luhut.

Kata Luhut, Sail Sabang 2017 juga menghasilkan 3 Karya Nyata yang bermanfaat bagi Sabang pasca Sail Sabang 2017, yakni dicanangkan Diamond-Triangle Regatta Saphula (Sabang-Phuket-Langkawi) pada tahun 2018, International Free-Dive Competition 2018, dan Pengembangan Perikanan Budidaya Laut.

Sabang memang bisa menajdi pintu gerbang pariwisata dunia jika melihat potensi alam dan infrastruktur yang sudah ada. Wapres Jusuf Kalla mengatakan, jika didorong oleh semua pihak Sabang akan menjadi pintu gerbang pariwisata bahari bahari dunia.

“Saya lihat infrastruktur pun sudah jadi. Potensi alam dan keindahannya pun sangat bagus, tinggal didorong oleh semua pihak. Tinggal membangun cerita dan imej yang baik,” ujar Wapres.

Sementara itu Gubermur Aceh Irwandi Yusuf dalam sambutannya.meminta pemerintah pusat mendukung Sabang menjadi destinasi paeiwisata dunia dengan menambah infrastruktur seperti memperanjang landasan Bandara Ma’mun Saleh dan menjadikannya sebagai bandara internasional. (tim)

433 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *