Ditjen Hubdat Luncurkan Kapal Penyeberangan Ro-Ro 2.000 GT

Kapal Roro type 2000 GT milik Ditjen Hubdat.

MARINDO–Tingkatkan kapasitas angkut kapal penyeberangan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan, menambah kapal Roll On – Roll Off (RoRo) dengan bobot 2.000 Gross Ton (GT). 

Kapal Penyeberangan Penumpang ini rencananya akan dioperasikan pada lintas Paciran/Lamongan – Bahaur sebagai Angkutan Penyeberangan dari Provinsi Jawa Timur (Kabupaten Lamongan) ke Provinsi Kalimantan Tengah (Kabupaten Bahaur).

“Kapal dibangun melalui dana APBN dengan skema pembiayaan multi years contract (MYC) T.A. 2015 – 2017,” jelas Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Budi Setiyadi di sela peluncuran kapal di Madura, Selasa (5/12) malam.

Dirjen Budi menyampaikan, pembangunan kapal dimaksud merupakan perwujudan komitmen pemerintah untuk selalu memberikan kemudahan aksesibilitas bagi pelaksanaan pembangunan daerah terutama di wilayah – wilayah yang terpencil.

“Sebagaimana misi Ditjen Hubdat yaitu menciptakan sistem pelayanan transportasi darat yang aman, selamat, dan mampu menjangkau masyarakat dan wilayah Indonesia,” tuturnya.

Saat awal pembangunan pada Tahun 2015, selain kapal penyeberangan 2.000 GT ini, terdapat pembangunan enam kapal penyeberangan lainnya, sehingga total terdapat pembangunan tujuh kapal penyeberangan. 

Secara kontraktual, enam kapal penyeberangan telah selasai masa pembangunannya pada tahun 2016, dan satu di tahun 2017 yaitu kapal 2.000 GT ini.

“Atas nama Pimpinan Kementerian Perhubungan, kami menyampaikan ucapan selamat kepada Direksi dan segenap karyawan PT Adiluhung Saranasegara Indonesia yang telah mendapatkan kepercayaan pemerintah untuk melaksanakan pembangunan kapal penyeberangan penumpang ro-ro 2.000 GT lintas Paciran/Lamongan – Bahaur,” papar Dirjen Budi. (tim)

Spesifikasi Kapal :

 – Panjang Keseluruhan      : 80,22 m
 – Lebar                                : 15,20 m
 – Kecepatan Percobaan    : 17 knot
 – Daya angkut                    : Penumpang : 350 orang
 — Kendaraan    : 43 unit Campuran (14 unit truk besar, 16 unit truk sedang dan 13 unit kendaraan R4)

 

322 total views, 8 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *