Pelindo II dan Pemprov Lampung Teken MoU Kembangkan Pelabuhan Panjang

Direktur Utama IPC, Elvyn G. masassya (kanan) dan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo saat Penandatanganan MoU.

MARINDO. PT. Pelabuhan Indonesia II (IPC)  dan Pemerintah Propinsi Lampung hari ini, (Rabu,17/1/2018)  menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk pengembangan Pelabuhan II Cabang Panjang sebagai salah satu penggerak ekonomi di wilayah itu. Penandatangan naskah MoU dilakukan oleh Direktur Utama Pelindo II (IPC) Elvyn G. Masassya dan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo , bertempat di Kantor Pusat IPC, Tanjung Priok,  Jakarta Utara.

Kerjasama yang diteken itu berlaku selama 3 tahun untuk bersinergi kedua belah pihak dalam menggali peluang yang ada untuk pembangunan ekonomi setempat.

Direktur Utama Pelindo II (IPC) Elvyn G. Masassya mengatakan, dari sekian peluang yang bisa digarap, salah satunya yang bakal dilaksanakan antara lain, relokasi pelabuhan Pelayaran Rakyat dari kawasan Pelabuhan Panjang ke Pelabuhan Sembalang. Selain itu reaktivasi rel kereta api ke Pelabuhan Panjang dan pembangunan Dry Port batu bara di Kabupaten Way Kanan serta pemanfaatan jalan dan lahan milik Pemprov Lampung.

Sementara itu, Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo mengarapkan jika pengembangan pelabuhan akan dilakukan mengingat Tanjung Priok dan Jakarta sudah mencapai titik maksimal, maka pihaknya membuka peluang untuk dilakukan pengembangan di Lampung. Sebab, sebagai pintu gerbang Sumatera dari akses Pulau Jawa yang relative masih dekat, maka posisi Lampung sangat  potensial.

Dengan kerjasama antara Pelindo II dan Pemda Lampung, Gubernur mengharapkan peran serta aktif dari  elemen Pemda dalam operasional kepelabuhanan di Lampung, sehingga kehadiran Pelabuhan II Panjang bukan sekedar asset pusat yang ada di daerah, melainkan masyarakat setempat dapat merasa memiliki sehingga dapat berperan menjaga dan mengembangkan bersama-sama pelabuhan sebagai agen pergerakan ekonomi. *A.Habib

557 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *