Pelabuhan Cirebon Perdalam Kolam dan Alur Jadi -6 LWS

MARINDO. :Sebagai bagian upaya optimalisasi layanan kepelabuhanan, tahun 2018 ini manajemen Pelabuhan II Cabang Cirebon tengah melakukan pengerukan untuk pendalaman kolam dan alur.

General Manager Pelabuhan II Cabang Cirebon, Solikhin mengatakan, proyek pendalaman kolam kini tengah dalam proses. Nantinya, kolam dan alur di pelabuhan itu akan menjadi -6 meter LWS (Low Water Spring) dari semula -5 LWS.

“Kita harapkan triwulan pertama tahun  2018 ini pengerukan sudah selesai,” kata Solikhin dalam perbincangan dengan Maritim Indonesia (25/1).

Ditambahkan, selain proyek pengerukan, pihaknya juga terus mengupayakan terwujudnya layanan petikemas. Untuk hal ini, katanya, pihak manajemen pelabuhan dan pengguna jasa serta instansi terkait sudah melakukan sejumlah kajian dan rencana-rencana strategis untuk layanan petikemas itu. “Potensinya arus petikemas bisa mencapai 2 ribu TEU;s perbulan,” katanya.

Berdasarkan data, produksi bongkar muat di Pelabuhan Cirebon tahun 2017 mencapai lebih dari 4 juat ton terdiri dari general kargo, bag kargo, curah cair dan curah kering. Namun dominasinya adalah curah kering berupa batubara. Realisasi itu diatas yang dianggarkan tahun 2017 sebesar sekitar 3,5 juta ton. Tahun 2018 ini produksi bongkar muat di pelabuhan itu ditarget sebesar 4.9 juta ton.*A.Habib

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *