Tingkatkan Keselamatan Pelayaran, Pushidrosal Jalin Kerja Sama dengan Kemenhub RI

Jakarta, Maritim Indonesia – PUSAT  Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) akan meningkatkan kerjasama dengan Kementerian perhubungan (Kemenhub) RI, utamanya dalam mewujudkan keselamatan pelayaran di seluruh di perairan NKRI.

Hal tersebut merupakan pokok pembahasan dalam kunjungan kerja Kapushidrosal Laksda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H ke kantor kementerian Perhubungan RI di Jalan Medan Merdeka Barat No. 8, Jakarta Pusat 10110, Jumat (21/9)

Dalam kunjungannya ini, Kapushidrosal yang didampingi beberapa pejabat utama Pushidrosal diterima langsung oleh menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi.

Pada kesempatan tersebut Kapushidrosal menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan keselamatan pelayaran, di antaranya penetapan alur pelayaran agar menggunakan peta laut sebagai lampiran dari Kepmen tentang penetapan alur pelayaran, pada saat pelaksanaan survei alur pelayaran agar dilakukan oleh Pushidrosal atau dapat didampingi Technical Officer (TO) sehingga data yang diperoleh sistem dan metode nya sesuai standard IHO dapat digunakan dalam mengupdate peta laut Indonesia di lokasi perairan tersebut.

Pemimpin Pushidrosal tersebut juga menyampaikan Perlunya peningkatan kerjasama antara Pushidrosal berkaitan SDM dikedua institusi Pushidros siap memberikan pelatihan personel dari Ditjen Hubla. Diharpakan ada dukungan dari Kemhub utuk persinel Pushidros yang mengikuti sidang IMO sehingga dapat optimal menyuarakan kepentingan pemerintah.

Selain itu, Perlunya peningkatan kerjasama untuk melibatkan dari awal dalam pembangunan pelabuhan dan dermaga baru, sehingga pelabuhan dan dermaga baru tersebut dapat digambarkan di peta laut Indonesia. Ada beberapa kondisi dimana di peta laut di sisi lautnya terdapat SBNP Lateral yang mengarahkan ke suatu destinasi/pelabuhan akan tetapi di sisi darat tidak tergambarkan pelabuhan/dermaga di peta laut Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Menhub RI Budi Karya Sumadi sangat mengapresiasi dan membamtu apa yang disampaikan Kapushidrosal mengenai berbagai upaya mewujudkan keselamatan pelayaran di perairan Indonesia, dan akan lebih meningkatkan kerjasama antara kedua institusi.*** [Ire Djafar]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *