Berikan Pelayanan Terbaik, JICT Tingkatkan ‘Tarif’

Jakarta, Maritim Indonesia – KOMITMEN  PT Jakarta International Container Terminal (JICT) memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggan berusaha terus ditingkatkan. Manajemen JICT secara terbuka menerima kritik maupun saran untuk peningkatan perbaikan layanan tersebut.

“Kami ingin lebih dekat dengan para stakeholders di pelabuhan agar bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi (beyond customer expectation),” ujar Direktur Utama JICT, Gunta Prabawa, dalam acara Coffee Morning dengan para stakeholders dan asosiasi pengguna jasa, di Holiday Inn, Kemayoran Jakarta Pusat, Kamis (27/9).

Menurut Gunta, komitmen JICT meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa dilakukan dengan mengacu pada nilai-nilai transparansi (transparancy), akuntabilitas (accountability), responsif (responsibility), mandiri (independent), prinsip keadilan (fairness). Kelima nilai tersebut disingkat dengan istilah ‘Tarif’.

“Kami ingin meningkatkan ‘tarif’ berdasarkan pengertian tersebut,” imbuhnya.

Selanjutnya, menurut Gunta, JICT juga bersyukur bisa meraih (kembali) sertifikat ISO 9001:2015 (renewal). Raihan sertifikat ini mendorong JICT untuk juga memberikan layanan terbaik. Di samping itu, JICT juga tengah berupaya meraih sertifikat ISO 45001:2015 untuk peningkatan keselamatan kerja dan lingkungan.

Terhadap perkembangan teknologi digital bidang bisnis e-commerce, saat ini JICT juga tengah merancang aplikasi tersebut agar sistem layanan bisa terintegrasi dengan sistem bisnis tersebut.

“Penerapan aplikasi ini kami harapkan bisa memberi added value dari layanan yang diberikan JICT,” paparnya.

Langkah lainnya yang dilakukan JICT adalah membangun sinergi dengan berbagai stakeholders yang ada di pelabuhan. JICT, menurut Gunta, bersyukur karena sinergi yang selama ini dibangun membuahkan pengakuan dari berbagai pihak. Di bulan September 2018, JICT berhasil meraih penghargaan SDGs Award untuk program CSR Rumah Belajar (gold medal) dan Green Dock School (silver medal), serta Penghargaan Pelayanan Prima dari Kementerian Perhubungan.

Selain direksi JICT, acara Coffee Morning tersebut juga dihadiri Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, Syahbandar Pelabuhan Tanjung Priok, IPC, Dewan Pelabuhan, INSA Jaya, GINSI,6 serta asosiasi usaha terkait lainnya. Acara tersebut juga ditandai penyerahan sertifikat ISO 9001:2015 dari Lembaga Sertifikasi SGS Internasional yang diterima langsung Direktur Utama JICT, Gunta Prabawa.

Dalam sambutannya, Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, Capt Hermanta, berharap sinergi yang lebih baik lagi dengan semua pelaku usaha maupun stakeholders di pelabuhan. Menurutnya, meski terkesan ada persaingan antarterminal petikemas, hendaknya diarahkan pada prinsip partner ketimbang rival.

“Untuk mewujudkan layanan world class, potensi energinya ada dalam diri kita. Karena itu semua masukan dan saran pengguna jasa harus mendapat perhatian,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPC INSA Jaya, Alimuddin, berharap JICT terus meningkatkan performance layanannya agar produktifitas terus meningkat.

“Dalam beberapa bulan terakhir ini pelayanan JICT semakin baik, kami berharap ini terus ditingkatkan,” pungkasnya.*** [Kaef]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *