Gelar Pelatihan, PTP Maksimalkan Implementasi K3

Jakarta, Maritim Indonesia – Sebagai salah satu bentuk mewujudkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP), kembali melaksanakan pelatihan K3 di lingkungan kerja PTP.

Pelatihan ini meliputi drill gempa bumi, kebakaran, tumpahan sulfur dan kecelakaan pada saat bekerja. Dalam pelatihan ini PTP melibatkan elemen lain yang juga penting seperti, para pegawai, pemadam kebakaran serta tim Rumah Sakit Port Medical Centre.

Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk komitmen PTP terhadap Undang-Undang RI no. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yang mengatakan bahwa setiap perusahaan wajib melaksanakan upaya K3 untuk melindungi keselamatan tenaga kerja dan sarana produksi. Untuk itu diperlukan tenaga-tenaga K3 yang kompeten dalam mengkoordinir, memfasilitasi dan mengimplementasikan program-program K3 dalam perusahaan.

“Pelatihan ini adalah kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh PTP, yang bertujuan untuk selalu waspada jika terjadi bencana tersebut, dan ini adalah bentuk bukti PTP untuk menuju Zero Accident” ujar Deputi SSE Agoes Suyanto.

Untuk memaksimalkan kegiatan ini, setiap drill memiliki PIC masing-masing sehingga lebih terfokus untuk selalu memperhatikan K3 dan mengetahui bagaimana cara menanggulangi keadaan darurat yang terjadi.*** [Ire Djafar]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *