Pengoperasian Dermaga dan Lapangan, IPCC Jalin Kerja sama dengan IPC TPK

Jakarta, Maritim Indonesia – Sebagai Perusahaan Terminal Mobil pertama di Indonesia yang go public, IPCC/PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk terus mengembangkan usaha perseroannya sebagai upaya pemenuhan prospektus sekaligus memberikan jaminan kepada investor atas komitmen IPCC untuk terus meningkatkan pengembangan usahanya.

Hari ini, Jumat, 5 Oktober 2018, IPCC bersama IPC TPK lakukan MOU Tentang Pengoperasian Bersama Dermaga dan Lapangan 106, 107 dan 108 Pelabuhan Tanjung Priok.

Pengoperasian bersama di dermaga dan lapangan 106, 107 dan 108 ini adalah dalam rangka mendukung program enhancement Zoning System dan spesialisasi terminal operator di lingkungan kerja IPC dimana IPCC sebagai spesialis operator untuk kegiatan penanganan bongkar muat kendaraan, alat berat dan suku cadang di lingkungan IPC.

Paska ditandatanganinya MOU antara IPCC dengan IPC TPK selaku operator pada zonasi dermaga dan lapangan 106, 107 dan 108 ini, IPCC berhak mengoperasikan Dermaga dan Lapangan tersebut untuk kegiatan bongkar muat kapal RORO Murni (Pure Car Carrier), RORO Penumpang/RORO Penyebrangan, RORO Campuran /Combo dan cargo kendaraan yang dilayani dengan kapal kapal LCT/Tongkang, yang mempunyai karakteristik kapal  sesuai dengan spesifikasi di dermaga 106, 107 dan 108.

Dampak nyata yang dapat dirasakan adalah penambahan throughput IPCC bisa mencapai 175 ribuan unit sehingga secara total throughput yang akan ditangani IPCC bisa mencapai mendekati 600 ribuan unit. Hal ini langkah strategis yg ditempuh perseroan untuk semakin meningkatkan posisi IPCC dalam kancah internasional dalam pengoperasian terminal kendaraan menuju 5 besar dunia.

Selain itu kedepannya IPCC dan IPC TPK akan berkolaborasi untuk efisiensi dan efektifitas kegiatan pengapalan dengan melayani kapal kapal RoRo Container yang telah berjalan di Negara-negara Eropa sehingga pengguna jasa semakin banyak pilihan dalam mengapalkan kargonya guna mengefektifkan biaya logistik dan juga konektivitas terminal Roro dengan kontainer.

Hadir mendampingi Direktur Utama  IPCC Chiefy Adi K dalam penandatangan dengan Direktur IPC TPK M. Adji ini adalah Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis Arif Isnawan dan Direktur Operasi Indra Hidayat Sani. Dalam kesempatan ini juga dihadiri dan direstui oleh GM Pelabuhan Tanjung Priok Bapak Mulyadi selaku port operator dan trade fasilitator.

Dalam sambutannya Direktur Utama IPCC Chiefy Adi K mengharapkan kerja sama ini akan membawa nilai tambah bagi kedua belah pihak khususnya dalam peningkatan pelayanan kepada pelanggan dan pengguna jasa kepelabuhanan melalui sistem zonasi dan spesialisasi terminal operator guna mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

IPCC sendiri sebagai satu-satunya terminal khusus kendaraan di Indonesia dalam pengoperasian Dermaga 106, 107 dan 108 ini merupakan salah satu upaya pemenuhan dalam prospektus sebagai perusahaan terbuka untuk mengembangkan terminal kendaraan sehingga kedepannya akan mampu memberikan layanan dengan kualitas terbaik  serta kemampuan untuk  memenuhi kebutuhan para pelanggan”.

Lebih Lanjut Chiefy Adi K mengatakan  Dermaga 106, 107 dan 108  akan menambah lokasi strategis perusahaan  sehingga lebih mudah untuk dicapai oleh berbagai produsen otomotif, mendorong produsen untuk melakukan pengiriman domestik melalui fasilitas yang dimiliki perusahaan keberbagai daerah di Indonesia. Tentunya langkah ini akan terwujud apabila ada sinergi dan kolaborasi dengan PT Pelabuhan Indonesia I, II, III dan IV (Persero) beserta anak perusahaannya. Juga sinergi dengan Perusahaan Swasta baik logistik, shipping line, stevedoring, car carrier dll untuk tumbuh bersama membawa nama Indonesia di kancah global.*** [Ire Djafar]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *