Minimalisir Angka Kecelakaan, Aptrindo Gelar Kampanye Keselamatan Berlalu Lintas

Jakarta, Maritim Indonesia – Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) mencatat sekitar 26 sampai 29 ribu jiwa meninggal pertahun karena kecelakaan lalulintas di Indonesia, sehingga menimbulkan kerugian yang cukup besar baik moril maupun materil dan mengakibatkan kemiskinan baru, untuk itu Aptrindo memandang perlu adanya gerakan yang dapat membangkitkan kesadaran terhadap pentingnya keselamatan dalam berkendara di jalan, khususnya pengemudi truck angkutan barang.

Demikian dikatakan Wakil Ketua Umum DPP Aptrindo, yang juga bertindak selaku Ketua Panitia Pelaksana Deklarasi Truk Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas 2019, Kyatmaja Lokman. P, dalam sambutannya di acara deklarasi tersebut, yang di laksanakan di lapangan eks-Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Minggu (17/3).

“Tujuan utama kita juga adalah untuk meningkatkan kualitas yang memiliki kompetensi dengan standar nasional maupun internasional, kita bercita-cita pengemudi nanti bisa seperti pilot, kapten atau masinis,” kata Kyatmaja Lokman yang disambut gemuruh teriakan semangat para pengemhdi truck yang hadir.

Dikatakan juga, melalui deklarasi tersebut, Aptrindo berharap kedepannya ada peningkatan dalam ketertiban, keselamatan serta kelancaran angkutan barang, dengan menggunakan kendaraan standar Euro 4 muatan standar, sehingga menghilangkan overload dan over dimensi atau ODOL.

“Terimakasih kepada Kementrian Perhubungan RI, khususnya Pak Menteri Perhubungan selaku pembina utama kami, Dirjen Perhubungan Darat, Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, Kapolres KP3 Tanjung Priok, Dirut Pelindo ll, Dirut JICT, serta para pejabat dan sponsor lainnya, atas bantuan dan supportnya sehingga deklarasi ini dapat berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Tercatat sebanyak 10 ribu peserta yang berasal dari Pengemudi truk dan Pengusaha Truk Nasional menghadiri acara deklrasi tersebut. Seluruh peserta yang hendak masuk dilakukan registrasi oleh Panitia Pelaksana. Terdapat tiga metal detektor yang disiapkan untuk sterilisasi ke lokasi acara tersebut sebagai prosedur pengamanan Kepresidenan.

Presiden RI Joko Widodo, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan sejumlah pejabat instansi terkait lainnya dijadwalkan menghadiri acara deklarasi tersebut. “Rencananya Presiden Jokowi akan hadir juga pada acara deklarasi ini,” kata Kyatmaja Lokman.

Sementara itu, Ketua DPD Aptrindo DKI Jakarta, Mustadjab Susilo Basuki mengatakan kegiatan deklarasi pengemudi truk pelopor keselamatan berlalulintas di jalan raya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran seluruh pengemudi dan pengusaha truk nasional pada aspek keselamatan berlalu lintas.

“Bahkan, sekitar 70 persen kecelakaan di jalan tol juga melibatkan Truk (50 kejadian perharinya). Tingkat fatalitas kecelakaan yang tinggi diakibatkan oleh rem blong, dan lebih dari 75 persen Pelanggaran overloading terdapat di jembatan timbang,” kata Mustadja. [Ire Djafar]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *