APBMI Dorong Buruh Pelabuhan Priok Segera Lakukan Sertifikasi

“Dari sekitar 2500 TKBM, baru sedikit  yang memiliki sertifikat kompetensi tentang bongkar muat. Ini perlu menjadi perhatian bersama, mengingat pelabuhan itu adalah sebagai barometer pelabuhan di Indonesia,”

MARINDO–Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 60/2014  Tentang  Penyelenggaraan dan Pengusahaan Bongkar Muat Barang dari dan Ke Kapal  salah satunya mengharuskan  buruh pelabuhan atau yang dikenal dengan sebutan TKBM (Tenaga Kerja Bongkar Muat)  memiliki ketrampilan di bidangnya dengan dibuktingan dengan sertifikat kompetensi.

Ketua Umum APBMI (Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia) H. Sodik  Harjono mengatakan, sampai saat ini masih banyak TKBM yang belum melakukan sertifikasi. Sebut saja Pelabuhan Priok sebagai pelabuhan terbesar dan barometer di Indonesia, sampai saat ini masih sangat minim yang bersrtfikat dari lembaga yang berkompeten.

“Dari sekitar 2500 TKBM, baru sedikit  yang memiliki sertifikat kompetensi tentang bongkar muat. Ini perlu menjadi perhatian bersama, mengingat pelabuhan itu adalah sebagai barometer pelabuhan di Indonesia,” katanya.

Untuk itulah, ia mendorong agar TKBM Pelabuhan Priok melalui koperasi yang selama ini menjadi naungan TKBM segera melakukan sertfiikasi, dalam rangka pelaksanaan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Dikatakan Sodik, saat ini telah ada lembaga sertifikasi khusus TKBM yang  telah mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi. “Beberapa waktu lalu telah berdiri LSP BMI (Lembaga Sertifikasi Profesi Bongkar Muat Indonesia) yang diprakarsai oleh sejumlah pengurus DPP APBMI dan siap melakukan sertifikasi, khsusunya TKBM Pelabuhan Priok yang mencapai ribuan,” jelasnya.

Pihak LSP BMI telah melakukan MoU dengan Koperasi TKBM Pelabuhan Priok, namun belum berjalan maksimal. “Baru terlaksana sekali sertifikasi angkatan pertama sebanyak 50 TKBM, untuk itulah kami mendorong agar masalah ini menjadi perhatian koperasi,”papar Sodik. (AH)

1,144 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *