APBMI Jakarta Siap Bahas Kenaikan Upah 2017 TKBM Pelabuhan Priok

Soal berapa kenaikan yang akan dicapai, Aris Hartoyo mengatakan belum ada gambaran, karena pihaknya harus membahas dulu dengan anggotanya yakni Perusahaan Bongkar Muat di pelabuhan Priok yang jumlahnya sekitar 70 an.

MARINDO— Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (DPW APBMI) DKI Jakarta memberikan sinyal  untuk  membahas kenaikan upah  Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) atau buruh Pelabuhan Priok  menyusul  segera memasuki tahun baru 2017, di mana UMP DKI Jakarta juga  mengalami kenaikan.

Sekretaris  Eksekutif DPW APBMI Jakarta, Aris Hartoyo mengatakan, dalam waktu dekat ini pihaknya siap membentuk tim pengkajian kenaikan upah  yang akan berdiskusi dengan pihak  TKBM yang diwakili oleh Koperasi TKBM Pelabuhan  Priok. “Namun, di dalam koperasi ada beberapa serikat pekerja yang  kita harapkan dapat  memberikan masukan melalui  koperasi,” kata Aris Hartoyo.

Soal berapa kenaikan yang akan dicapai, Aris Hartoyo mengatakan belum ada gambaran, karena pihaknya harus membahas dulu dengan anggotanya yakni Perusahaan Bongkar Muat di pelabuhan Priok yang jumlahnya sekitar 70 an. “Yang jelas, jika terjadi perdebatan antara PBM dan koperasi serta serikat pekerja itu wajar,  dan pada akhirnya nanti  ada kesepakatan,” kata Aris.

Saat ini, upah TKBM Pelabuhan Priok sebesar Rp165 ribu per hari dengan men days  kerja 21 hari. UMP DKI Jakarta 2016 adalah sebesar Rp3,1 juta. Sedangkan UMP 2017  ditetapkan oleh  Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (saat masih aktif menjabat) ,sebesar Rp 3.355.750. (HBB)

545 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *