Wonderful Sail to Indonesia, Kapal Yacht Mewah Berlabuh di Perairan Belitung

Belitung, Maritim Indonesia – Sejumlah Yacht kapal layar mewah dari dari beberapa negara seperti Perancis, Australia, Inggris sudah memasuki kawasan perairan Belitung sebagai rangkaian acara Wonderful Sail to Indonesia 2018.

Kegiatan ini merupakan promosi tempat-tempat wisata di Indonesia dengan mengundang para yachter dari seluruh dunia, sejak Juni 2018. Para yachter ini akan mengunjungi 21 titik destinasi di Indonesia.

“Dari sisi bahari kita dengan memperbanyak sail, kita arahkan ke tempat-tempat yang kita bisa jadikan destinasi pariwisata. Banyak tempat di Indonesia ini yang luar biasa tapi karena tempatnya sulit dijangkau, terpencil, belum tersentuh, sehingga perlu didorong oleh berbagai pihak,” ujar Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Bidang Kemaritiman, Agung Kuswandono di Belitung, Senin (15-10-2018).

Agung menjelaskan titik labuh pertama di Indonesia (entry port) yang disinggahi adalah di Debut Kabupaten Maluku Tenggara (25 Juli 2018). Saat ini sampai di titik singgah destinasi wisata Belitung adalah titik singgah ke-16. Direncanakan titik labuh di Indonesia terakhir (exit port) di Tanjung Pinang Kepulauan Riau tanggal 26 November 2018.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bidang Kelembagaan dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Adi Pebriatna menjelaskan Belitung adalah salah satu titik singgah destinasi wisata para Yachter selama 4 hari yaitu mulai tanggal 13 hingga 16 Oktober 2018.

“Selama di Belitung, mereka akan diajak untuk City Tour ke sekolah, ke Destinasi wisata kita yang ada di Kota, juga ke Pasar tradisional”, kata Adi.

Menurutnya kegiatan ini dilakukan agar para turis tersebut bisa berinteraksi dengan masyarakat Belitung dengan segala keramah-tamahannya.

Adi juga menjelaskan bahwa masyarakat Belitung sangat bergembira menyambut kedatangan para Yachter tersebut. “Di sini walaupun tiap tahun diadakan, masyarakat tetap menyambutnya dengan baik. Kami juga siapkan acara hiburan dari berbagai sanggar kesenian di Belitung. Jadi, selain menghibur turis yang datang, juga menghibur masyarakat yang ada di sini”, ungkapnya.

Kegiatan wisata layar kapal mewah ini, menurut Adi selain mendorong pertumbuhan wisata di Belitung, juga memberikan dampak langsung pada ekonomi masyarakat setempat.

“Banyak pelaku-pelaku cenderamata, dan warung-warung kecil yang diuntungkan dari kedatangan para Yacht ke sini”, pungkasnya.*** [Ire Djafar]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *