Mahasiswi KKN Membantu Pembelajaran Daring di Lembaga PAUD

Penulis: Anisa Mutiara Rahmah

Mahasiswi jurusan PGPAUD di Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta

KKN adalah salah satu bentuk kegiatan pengabdian yang dilakukan mahasiswa kepada masyarakat sebagai wujud Tri Dharma perguruan tinggi. Salah satu Universitas di Indonesia yang masih mengadakan kegiatan pengabdian ini adalah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). KKN Tematik merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian rutin yang telah dilaksanakan oleh UPI setiap tahunnya. Namun pada tahun ini kegiatan KKN Tematik UPI diberikan dalam bentuk kegiatan secara daring kepada mahasiswanya dikarenakan tahun ini ada yang sangat berbeda dimana Indonesia bahkan masyarakat seluruh dunia sedang berada dalam suasana pandemi Covid-19. Mahasiswa hanya melakukan KKN Tematik sekali saja. Dan hal tersebut merupakan salah satu bentuk kontribusi UPI dalam pencegahan penularan Covid-19 melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa. Namun karena kondisi yang tidak memungkinkan sehingga pelaksanaan KKN disaat pandemi Covid-19 terasa berbeda dimana mahasiswa diwajibkan melaksanakan KKN di wilayah sekitar tempat tinggalnya sendiri dan segala bentuk kegiatan dilaksanakan secara daring (tidak boleh ada kegiatan diluar rumah). Untuk Tema KKN yang diangkat adalah pencegahan dan penanggulangan dampak covid-19 di bidang pendidikan dan ekonomi pada masa adaptasi dan kebiasaan baru, dengan adanya kegiatan KKN ini diharapkan mahasiswa mampu meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat dan siswa mengenai pencegahan dan dampak Covid-19 sehingga dapat melakukan pencegahan penularan Covid-19.

Anisa Mutiara Rahmah bersama mahasiswa lain yang mengontrak mata kuliah Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada tahun ini diberikan kesempatan untuk melaksanakan kegiatan KKN Tematik Pencegahan dan Penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan dan ekonomi pada masa adaptasi dan kebiasaan baru yang pelaksanaannya dimulai pada tanggal 17 November 2020 hingga 17 Desember 2020, dibawah naungan dan bimbingan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UPI. Untuk waktu pelaksanaan KKN Tematik di masa pandemi Covid-19 ini dapat berbeda-beda tiap perorangannya tergantung kecepatan mahasiswa menyelesaikan program tiap harinya. Waktu pelaksanaan KKN ini untuk normalnya selama 30 hari dengan waktu 4 jam/harinya minimal sehingga total 120 jam.

Dalam pelaksanaan kegiatan KKN Anisa dan mahasiswa lain dalam satu kelompok mendapat bimbingan dari bapak Nuur Wachid Abdul Majid, M.Pd. dan diawali dengan pertemuan melalui Zoom Meeting untuk mendiskusikan program KKN yang akan dipilih, mekanisme kegiatan KKN serta kegiatan-kegiatan lain yang dapat dilakukan selama kegiatan KKN berlangsung. Untuk Program kegiatan KKN ini ada yang bersifat wajib dan ada yang bersifat pilihan. Untuk program yang bersifat wajib yang Anisa laksanakan di lembaga PAUD/TK dengan penguatan pembelajaran daring serta melakukan pendampingan pembelajaran daring untuk siswa dan juga orang tua dalam membimbing anak nya, membuat media pembelajaran daring untuk dipraktikan dalam pembelajaran, membantu administrasi sekolah secara daring, membuat video edukasi program penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan untuk dipublikasikan di mesia sosial (Youtube, Instagram, Whatsapp), Membuat artikel untuk berita atau artikel jurnal program edukasi penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan untuk dipublikasikan di mesia sosial.

Sedangkan untuk program pilihan, mahasiswa diharuskan melaksanakan program minimal 2 program kegiatan yg dipilih dari beberapa program yang telah ditawarkan yaitu program edukasi pencegahan Covid-19 bagi anak sekolah secara daring berupa gambar atau video, merancang model atau membuat tempat cuci tangan, membuat masker dan sanitizer untuk pencegahan Covid-19. Program pilihan dilaksanakan di lembaga sekolah dan juga di lingkungan masyarakat.

Anisa melaksanakan kegiatan KKN di Perum Karaba Indah RT 009 / RW 009, Karawang yang merupakan daerah tempat tinggal Anisa. Dengan bantuan Ketua RT, dan masyarakat lingkungan sekitar serta lembaga sekitar ikut membantu Anisa dalam melaksanakan program wajib dan juga program pilihan yang telah direncanakan.

Untuk programnya Anisa memilih program edukasi bagi masyarakat, program edukasi bagi anak sekolah serta program yang sesuai dengan kondisi lingkungan tempat tinggalnya secara daring terkait pencegahan Covid-19.Membuat media edukasi berupa poster/gambar dan video terkait pencegahan Covid-19 yang kemudian dipublikasikan melalui media sosial seperti WhatsApp, Instagram, YouTube. Ada program lainnya seperti membantu pembelajaran siswa tingkat PAUD/TK di karenakan sesuai dengan jurusan pendidikan yang sedang digeluti, Anisa membentuk suatu kelompok belajar yang terdiri dari 10 siswa, 10 orang tua serta 2 guru agar dapat tetap belajar dengan melakukan diskusi online dengan menggunakan WhatsApp.

“Dengan adanya mahasiswi KKN, inovasi pembelajaran daring pun dapat dirasakan dan tentunya anak menjadi senang ketika belajar dikarenakan pembelajaran dilakukan melalui Youtube lalu terpantau juga lewat Video call via Whatsapp dan juga anak memfoto hasil karya nya tersebut, ketika ditanyakan kepada anak-anak bagaimana rasa nya ada kakak mahasiswi yang sedang mengajar, dan anak-anak pun menjawab senang” kata Ibu Erlyn, Kepala Sekolah TK Harum dalam wawancara, Senin (23/11/2020).***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *