Aplikasi Edit Video PC Mudah untuk Pemula Sampai Pro

Maritimindonesia.co.id – Editor video seharusnya sudah memiliki aplikasi yang mumpuni dengan beberapa fitur menarik. Anda juga memerlukan Aplikasi Edit Video PC yang memiliki banyak filter otomatis, sehingga mudah diterapkan.

Berbagai jenis aplikasi edit video tersedia di PC, mulai dari yang mudah digunakan hingga yang ringan. Tergantung pada jenis video yang ingin Anda hasilkan, Anda bahkan dapat memilih aplikasinya.

Saat memilih program pengeditan video, Anda juga harus mempertimbangkan spesifikasi PC Anda. Anda akan dapat mengedit dengan lancar tanpa mengalami kendala lag. Berikut adalah beberapa aplikasi pengeditan video PC.

Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC yang Mudah tapi Hasil Bagus

Dengan menggunakan salah satu aplikasi yang direkomendasikan, Anda dapat mencapai hasil pengeditan yang baik. Dimungkinkan untuk menggunakan aplikasi ini secara gratis atau membeli lisensi terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa rekomendasi untuk perangkat lunak pengeditan video PC: 

1. Wondershare Filmora

Perangkat lunak pengeditan video Wondershare Filmora PC kompatibel dengan perangkat iOS, iMac, dan Windows. Dengan aplikasi ini, kinerja keseluruhan telah meningkat secara substansial, proses telah dipercepat dan produk lebih efisien.

Selain itu, Wondershare Filmora memberi pengguna pengalaman mengedit yang tiada duanya. Bahkan pengguna menengah mungkin menganggap ini sangat berguna saat mengedit video di PC.

Diantara kelebihan Wondershare Filmora adalah:

  • Bahkan jika Anda mengedit video 4K, rendering video real-time membuat proses pengeditan tetap lancar.
  • Menampilkan berbagai efek video tingkat atas, termasuk musik bebas hak cipta, elemen gerak, transisi, dll.
  • Memangkas, memotong, menggabungkan, dan membagi video hanya dengan mengklik beberapa kali.
  • Dengan menggunakan keyframer audio, equalizer, dan penghilang derau, Anda dapat menyempurnakan suara.
  • Untuk membuat rekaman terlihat seperti film Hollywood, ada alat penyesuaian warna.
  • Mendukung format AVI, MKV, AVCHID, MOV, dan MP4.

2. Windows Movie Maker

Windows Movie Maker

Bagi pengguna Windows, Windows Movie Maker pernah menjadi aplikasi edit video gratis terpopuler. Beberapa fitur terkandung dalam satu aplikasi, seperti transisi, efek, trek audio, dan narasi garis waktu.

Setelah mengedit video, Anda dapat membagikan hasilnya langsung ke platform media sosial seperti YouTube, Facebook, dll. Anda harus mencoba Windows Movie Maker di PC jika Anda tidak terbiasa dengan spesifikasi perangkat.

Karena Windows Movie Maker telah dihentikan oleh Microsoft, Anda harus mengunduhnya dari situs unduhan tepercaya jika Anda ingin menggunakannya.

3. Foto Microsoft Windows 10

Foto Microsoft Windows 10

Jika Anda mencari aplikasi gratis yang sudah terpasang di Windows 10 dan sudah terinstal di perangkat Anda, Anda dapat mencoba aplikasi pengeditan video Microsoft Windows 10 Photos PC. Itu dapat diunduh dari Microsoft Store jika belum ada di sana.

Menggunakan mode Video Otomatis, perangkat lunak gratis dan ringan ini dapat secara otomatis mengubah foto menjadi video. Jika Anda tidak dapat melakukan pengeditan, ini tentu akan menghemat lebih banyak waktu Anda.

Anda juga dapat mengubah ukuran video, memangkasnya, menambahkan filter, mengubah volume audio, gerakan, font, atau bahkan menggunakan efek 3D dalam mode Kustom Video. Masih ada situs pihak ketiga resmi tempat Anda dapat mengunduh Windows Movie Maker.

Windows 10 tidak perlu diupgrade jika Anda tidak menginginkannya. Fitur dari aplikasi edit video antara lain:

  • Format output adalah DV AVI atau WMV (Windows Media Video)
  • Ada format input seperti AVI, ASF, M1V, MP2V, MPG, MPV2, WM, dll.

Selain itu, aplikasi edit video PC ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan, salah satunya gratis digunakan untuk basic video editing. Di antara kekurangannya adalah format file modern tidak didukung, serta tidak ada koreksi efek visual, warna, dll.

4. Avidemux

Avidemux

Ini adalah aplikasi pengeditan video PC gratis yang dapat memotong, menambahkan filter, dan melakukan pengeditan sederhana di komputer berbasis Windows. Bahkan kompatibel dengan berbagai jenis file seperti MPEG yang kompatibel dengan ASF, MP4, dan DVD termasuk file AVI menggunakan codec.

Selain penggunaan praktisnya, seluruh desain Avidemux juga memiliki tampilan IU yang sangat jelas untuk keperluan lain.

Dengan Avidemux, Anda dapat mengedit video untuk kebutuhan dasar. Ini adalah kabar baik bahwa Avidemux mudah digunakan dan dipelajari bahkan jika Anda adalah pengguna baru (pemula) dalam hal pengeditan video.

Di antara kelebihan Avidemux adalah ia memiliki opsi penyandian yang solid dan IU mudah digunakan. Transisi dan efek video tidak tersedia di aplikasi ini.

5. OpenShot

OpenShot

Di antara fitur pengeditan dasar yang ditawarkan oleh OpenShot adalah pemangkasan dan pemangkasan. Dengan OpenShot Anda dapat membuat video sederhana menggunakan banyak efek dan transisi audio.

Trek video dapat ditambahkan ke timeline perangkat lunak pengeditan video PC gratis ini. Selain itu, klip audio dapat ditambahkan. Pengguna dapat mengedit video menggunakan timeline. Dengan menawarkan lebih banyak kontrol dalam video, aplikasi OpenShot dapat sangat membantu.

Karena OpenShot adalah editor video open source, Anda harus memperbaiki sendiri masalah atau bug apa pun. Selain itu, efek video yang tersedia juga terbatas, dan Anda harus menginstal add-on jika sistem operasi Anda tidak kompatibel dengan persyaratan perangkat lunak.

6. Editor Video AVS

Dengan AVS Video Editor, Anda dapat mengedit video di PC dengan cara yang ringan dan mudah. Jika perangkat PC Anda tidak memiliki spesifikasi yang sangat tinggi, maka AVS juga akan cocok. Fitur cache video adalah salah satu fitur terbaiknya.

Alhasil, pemirsa akan sangat senang dengan hasil fitur pengeditan ini. Apalagi kecepatan pengeditan aplikasi ini juga patut diacungi jempol. Dan AVS tidak membebani memori.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyematkan video, membagi video, menambahkan teks, memotong, dan lain sebagainya. Anda juga dapat menambahkan transisi yang menarik ke video dengan 300 transisi AVS Video Editor.

7. Editor Video VideoPad

Editor Video VideoPad

Aplikasi untuk pemula, VideoPAd Video Editor dapat digambarkan sebagai program pengeditan video PC. Opsi ekspor video terbatas pada dua jenis format file dalam versi gratis aplikasi ini. Sebagai pemula, menurut saya IU Videopad mudah digunakan & sangat disesuaikan dengan kebutuhan pemula.

Ini intuitif, mudah digunakan, dan menampilkan berbagai fitur. Ada banyak efek dan transisi untuk memudahkan proses pengeditan bagi pemula. Anda bahkan dapat menyesuaikan kecepatan video Anda.

Muncul dengan lebih dari 50 efek transisi, yang sangat bagus jika Anda menyukai transisi atau jika Anda memiliki banyak klip video. Video bahkan dapat diperlambat atau dipercepat untuk efek gerakan lambat.

Jika Anda ingin menyertakan efek suara dalam video Anda, Anda dapat merekam narasi. Tampilan slide tidak dapat diubah menjadi slide menggunakan aplikasi pengeditan video PC ini.

8. Corel Video Studio

Corel Video Studio

Selain itu, Corel menawarkan aplikasi pengeditan video PC yang disebut Corel Video Studio. Editor video, baik pemula atau ahli, dapat dengan mudah memanfaatkan program ini. Terlepas dari kenyataan bahwa Anda masih belajar tentang pengeditan video, Anda tidak perlu khawatir.

Corel Video Studio memiliki tampilan yang cukup lugas, selain itu memiliki fitur yang mudah dipahami. Meskipun antarmukanya sederhana, Corel Video menawarkan sejumlah fitur canggih.

Di antara fitur-fitur ini adalah opsi kreativitas, audio yang lebih jernih, bingkai beku, konversi judul ke saluran alfa, dan akselerasi perangkat keras 4K. Dengan fitur audio yang jernih, suara dalam video akan lebih jernih dan tajam.

Dengan fitur-fitur canggih ini, Anda dapat membuat video sesuai keinginan. Penting untuk dicatat, bagaimanapun, bahwa aplikasi pengeditan video PC ini tidak dapat diunduh secara gratis. Untuk mengedit video, Anda harus membeli lisensi terlebih dahulu.

9. VirtualDub

VirtualDub

VirtualDub adalah aplikasi pengeditan video PC gratis dan ringan. Pengguna Windows juga akan menemukan aplikasi ini bermanfaat. Selain itu, VirtualDub menawarkan antarmuka pengguna yang sederhana dan tidak mengesankan.

Bagi yang masih pemula dalam mengedit video, disarankan untuk menggunakan aplikasi ringkas seperti VirtualDub. Terlepas dari kenyataan bahwa ini adalah aplikasi yang sangat ringan, jangan salah karena menawarkan sejumlah fitur yang cukup fungsional.

Anda akan menemukan bahwa program pengeditan video gratis ini menyertakan fitur perekaman layar. Dalam hal mengedit video, memungkinkan Anda untuk membuat video tutorial.

10. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro

Software dan aplikasi edit video yang dikembangkan oleh Adobe cukup terkenal. Adobe Premiere Pro adalah salah satu produknya yang paling populer. Tidak diragukan lagi bahwa aplikasi ini mampu menghasilkan video yang indah dan keren.

Adobe Premiere Pro digunakan oleh banyak editor profesional, sehingga tidak mengherankan jika mereka mengandalkan perangkat lunak ini. Ini adalah aplikasi yang mudah digunakan dengan serangkaian fitur yang masuk akal. Fleksibilitas Adobe Premiere Pro membuatnya ideal untuk berbagai tugas.

Kebutuhan sederhana seperti trimming, capture, dan titling. Anda bahkan dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengedit video dengan cara yang lebih rumit. Memiliki video berkualitas tinggi adalah hasil dari aplikasi ini.

Bahkan kualitas videonya 4K. Selain itu, Adobe Premiere Pro mendukung berbagai format. Alhasil codec yang ada di aplikasi bisa dikatakan lengkap.

Format penyimpanan video Adobe Premiere yang terbatas membuatnya berbeda dari aplikasi pengeditan video PC lainnya. Dengan aplikasi yang satu ini kamu juga bisa membuat video dengan efek yang unik, karena memberikan efek yang cukup lengkap.

Namun, perlu dicatat bahwa editor video pemula mungkin tidak menganggap aplikasi ini mudah digunakan. Pemula harus mempelajarinya secara perlahan karena berbagai menunya cukup kompleks.

11. Sony Vegas Pro

Sony Vegas Pro

Perangkat lunak pengeditan video PC Sony Vegas Pro tampaknya telah dikembangkan oleh vendor Sony dan ditujukan untuk editor video profesional. Karena berbagai fiturnya yang kompleks, diperlukan teknik khusus untuk mengoperasikannya.

Namun, aplikasi Sony Vegas Pro bisa menjadi pilihan yang baik jika Anda cukup familiar dengan aplikasi edit video. Anda dapat membuat video keren dengan aplikasi ini. Salah satu fiturnya juga disukai banyak orang.

Fitur animasi disertakan secara default dalam aplikasi. Akibatnya, Anda tidak perlu membuat animasi mandiri bila perlu. Namun, ada biaya lisensi yang terkait dengan aplikasi Sony Vegas Pro.

12. Studio Puncak

Studio Puncak

Saat Anda siap untuk belajar mengedit, Pinnacle Studio adalah aplikasi pengeditan video PC yang tepat untuk pemula. Oleh karena itu, editor video pemula tidak akan bingung ketika ingin mulai mengedit video.

Pinnacle Studio memiliki antarmuka yang mudah digunakan, serta berbagai fitur fungsional dalam aplikasi pengeditan video PC. Di antara banyak fiturnya, aplikasi ini menyediakan berbagai jenis fitur pengeditan dasar, menjadikannya alat yang hebat untuk pemula.

Aplikasi pengeditan video tidak diperlukan untuk membuat video berkualitas tinggi. Selain itu, Anda dapat mengubah semua kreativitas Anda menjadi video dengan membuatnya semenarik mungkin.

Meski dipasarkan sebagai aplikasi edit untuk pemula, hasil editan video dengan Pinnacle Studio terbukti sangat baik. Ini karena seberapa baik Pinnacle Studio menangani pengeditan video.

13. CyberLink PowerDirector

CyberLink PowerDirector

CyberLink PowerDirector adalah aplikasi edit video PC terakhir yang khusus direkomendasikan untuk Anda. Dengan yang satu ini, Anda dapat dengan mudah mengedit video. Selain itu, ada banyak alat yang sangat berguna dan mudah digunakan.

Anda dapat menggunakan aplikasi untuk mengedit video meskipun ini adalah pertama kalinya Anda. Hasilnya, Anda dapat lebih cepat mempelajari cara menggunakan berbagai alat dan fitur yang ditawarkan oleh CyberLink PowerDirector.

Tidak ada alasan untuk tidak mencoba aplikasi ini, apalagi jika Anda sedang mencari software edit video ringan untuk PC Anda. Jadi, jadikan CyberLink PowerDirector sebagai editor video pilihan Anda.

Dengan aplikasi edit video yang tepat, Anda bisa menghasilkan video yang menarik. Anda harus banyak belajar tentang pengeditan video saat menggunakan aplikasi Cyberlink PowerDirector.

Lihat Juga:

Selain faktor keahlian yang dimiliki seseorang, aplikasi edit video PC sangat menentukan hasil akhir dari sebuah video yang bagus. Ada perbedaan kualitas antara fitur satu aplikasi dan aplikasi lain, sehingga mempengaruhi hasil akhir