Cara Mengubah SMTP Telkom IndiHome dengan Mudah

Maritimindonesia.co.id – Untuk pertama kalinya, IndiHome mengeluarkan pernyataan resmi terkait standar internet baru mereka, SMTP Telkom IndiHome. Bisa dibilang kebanyakan orang Indonesia sudah familiar dengan IndiHome.

Produk unggulan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, IndiHome, adalah layanan yang menyediakan paket komunikasi lengkap, termasuk telepon rumah, internet, dan layanan TV interaktif.

Sebelum masuk ke SMTP Telkom IndiHome, kenali dulu apa itu SMTP dan cara kerjanya.

Apa itu SMTP?

Simplified Mail Transfer Protocol (SMTP) adalah standar internet untuk pengiriman email. Saat ini, protokol email yang paling banyak digunakan adalah SMTP, yang diperbarui pada tahun 2008.

Mengirim email lokal ke server, yang kemudian diteruskan ke server penerima, adalah fungsi utamanya sebagai pendukung komunikasi dengan server.

MTA, atau Agen Transfer Surat, akan mengawasi semuanya.

Port default untuk email SMTP adalah 25.

Port tidak terenkripsi 25.

426 adalah port SSL/TLS, juga dikenal sebagai SMTPS, dan digunakan untuk pengiriman pesan yang aman.

SMTP Telkom IndiHome

Port 25 tidak lagi dapat digunakan oleh klien email seperti Microsoft Outlook, Outlook Express, Thunderbird, Apple mail, dan koneksi lainnya, sehingga SMTP Telkom IndiHome telah membuat pengumuman resmi tentang TELKOM Speedy. Ini menghasilkan email yang tidak dapat dikirim.

Untuk membantu pengguna layanan Speedy dan Instan Telkom melakukan perubahan atau keluar dari setting yang semula pada port 25, Telkom telah memberikan petunjuk cara melakukannya.

Tentu saja, port 26 dicadangkan untuk IndiHome. Kemudian, untuk lalu lintas keluar dan masuk, coba tambahkan port SSL ke sakelar.

Hindari pemblokiran SMTP Telkom IndiHome dengan menyertakan hostname server di email Anda. IndiHome telah memblokir port POP3 dan SMTP karena sudah sering terjadi. Telkom telah memblokir akses ke beberapa port, karena alasan ini.

Anda dapat mencoba me-restart modem sampai Anda menemukan alamat IP yang belum diblokir.

Cara Mengubah Port SMTP

Anda dapat mengubah port SMTP di klien email dengan mengikuti petunjuk berikut:

1. Outlook Ekspres

  • Alat harus diklik agar proses ini dapat berjalan.
  • Kemudian pilih akun email yang sedang digunakan dari menu tarik-turun di bagian Akun.
  • Lanjutkan dengan memilih properti yang Anda inginkan.
  • Ubah port SMTIP keluar menjadi 26 dengan memilih opsi tab Lanjutan, lalu ubah port SMTIP keluar.
  • Untuk melanjutkan, tekan tombol OK.

2. Microsoft Outlook

  • Pilih opsi menu Alat dan pilih Pengaturan Akun dari menu tarik-turun.
  • Untuk membuat perubahan pada email, cukup ketuk dan pilih “pengaturan lainnya.”
  • Di antara pilihan, dimungkinkan, melalui tab Advance, untuk mengubah nomor port default dari 25 menjadi 26.
  • Klik Ya.

3. Surat (Mac OS)

  • Pastikan Anda telah memilih “Mail” dari menu. Pilih opsi Preferensi untuk melanjutkan.
  • Anda dapat mengedit daftar Server SMTP di bagian Server SMTP Keluar.
  • Pilih opsi Tab Advanced untuk melanjutkan.
  • Buat perubahan port dari 25 menjadi 26.
  • Kemudian tekan tombol OK.

4. Mozilla Thunderbird

  • Pengaturan akun dapat ditemukan di menu Alat.
  • Anda dapat memilih SMTP atau Server Keluar.
  • Lakukan perubahan dengan mengklik tombol edit.
  • Dari port 25 ke port 26, ganti.
  • Kemudian tekan tombol “OK”.

Membahas Selengkapnya Tentang Telkom IndiHome

Untuk menandatangani kontrak, pelanggan harus menyetujui syarat dan ketentuan IndiHome jika mereka pernah menggunakan layanan tersebut di masa lalu.

Pemegang label tiga layanan dalam satu paket menawarkan promosi baru dengan harga diskon. Mulai dari 275 ribu, Anda sudah bisa mendapatkan layanan IndiHome ini.

Paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda juga menjadi pilihan. Sedangkan untuk Paket 2P (internet dan telepon), Anda dapat memilih kecepatan hingga 100 Mbps untuk internet Anda. Selain itu, IndiHome menawarkan promosi menarik setiap bulannya.

Karena penggunaan serat optiknya, IndiHome Fiber dapat dianggap sebagai salah satu layanan digital paling direkomendasikan yang tersedia saat ini. Opsi layanan Triple Play sekarang tersedia.

Telepon rumah, internet, dan paket TV interaktif semuanya termasuk dengan biaya bulanan yang rendah dengan paket ini.

Alhasil, banyak pelanggan fiber IndiHome yang beralih karena banyak kelebihannya.

Keuntungan Menggunakan IndiHome Fiber

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa keuntungan menggunakan IndiHome Fiber:

1. serat internet

Banyak pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah berkat internet. Karena kelebihan internet sudah maksimal. Internet telah memikat orang-orang dari semua lapisan masyarakat di hari ini dan usia.

Selain itu, teknologi internet fiber disertakan dengan layanan internet IndiHome untuk memastikan koneksi yang cepat dan andal. Tentu saja, kualitas terbaik ada untuk mendukungnya, karena IndiHome mengutamakan kepuasan pelanggan.

Ada banyak keuntungan dari internet fiber karena memanfaatkan teknologi fiber optic. Beberapa manfaat internet fiber antara lain kecepatan, stabilitas, ketergantungan, dan sifatnya yang canggih, dan masih banyak lagi.

Apa yang memberi? Hingga 100 megabit per detik (Mbps) adalah kecepatan maksimum yang dapat dicapai dengan internet serat optik.

Selain itu, ia memiliki jaringan yang jauh lebih stabil daripada kabel tembaga saat digunakan layanan internet dan telepon.

Pertimbangkan fakta bahwa ia dapat menahan semua kondisi cuaca dan merupakan teknologi transmisi data paling canggih dan terkini. Apakah ada hal lain yang ingin Anda lakukan? Sekarang, daftar IndiHome Fiber!

2. Telepon rumah

Bahkan keluarga mungkin tidak menggunakan telepon rumah akhir-akhir ini. Saat ini, smartphone telah menggantikan telepon rumah. Akibatnya, tidak jarang banyak rumah tangga yang masih menggunakan telepon tradisional selain smartphone mereka.

Tidak diragukan lagi bahwa biaya yang terkait dengan layanan ini sekarang lebih masuk akal dan hemat biaya karena menawarkan suara yang jernih. Memiliki telepon di rumah juga merupakan kenyamanan yang luar biasa.

Telepon rumah bisa sangat berguna dalam situasi kritis. Di perbankan, salah satunya bekerja. Sebaiknya gunakan telepon rumah saat mengirim informasi pribadi apa pun ke bank Anda.

Agar mereka percaya bahwa Anda adalah sumber informasi ini. Sebagai akibat dari kurangnya penggunaan smartphone yang tepat, telah terjadi sejumlah penipuan. Anda bisa mendapatkan saluran telepon gratis dari IndiHome Fiber jika Anda mendaftar untuk layanan mereka.

Selama 17 jam ini setiap bulan, Anda dapat melakukan panggilan lokal dan sambungan langsung jarak jauh secara gratis.

3. TV Interaktif (TV IndiHome)

INDIAN HOME TV adalah layanan televisi interaktif pertama dan satu-satunya di negara ini. IndiHome TV memiliki beragam pilihan acara dan saluran berkualitas tinggi. Selain itu, IndiHome TV memiliki sejumlah fitur canggih yang bisa membuat Anda senang.

Opsi pemutaran, jeda, dan mundur tersedia, serta penyimpanan TV, TV sesuai permintaan, dan video sesuai permintaan. Karaoke juga tersedia. Saat Anda mendaftar ke IndiHome Fiber, Anda akan mendapatkan semua manfaat ini. Tidak ada waktu seperti sekarang. Segera menjadi anggota dan manfaatkan berbagai keuntungan.

IndiHome tentu saja mengatasi masalah biaya dengan menawarkan harga yang wajar dengan berbagai fasilitas.

Pastinya Anda tidak tertarik untuk menjadi pelanggan kan? Perlu Anda ketahui bahwa Anda dapat menonton ulang acara TV IndiHome selama tujuh hari setelah ditayangkan. Meskipun demikian, internet telah meningkat dalam hal keandalan dan kecepatan. Namun, ada sejumlah kelemahan yang perlu dipertimbangkan juga.

Kekurangan IndiHome

Penting untuk dicatat bahwa IndiHome Fiber memiliki kelebihan dan kekurangan:

1. Netflix Diblokir oleh IndiHome

Netflix yang memulai debutnya pada tahun 2016, disertai pemblokiran aplikasi oleh Telkom. Telkom IndiHome bukan satu-satunya layanan Telkom yang memblokir Netflix.

Pelanggan Telkom dibuat heboh dengan kabar ini. Akibatnya, mereka telah menggeser penyedia layanan mereka.

Saya tidak yakin apakah ini benar atau tidak, tetapi Netflix telah ditambahkan ke layanan IndiHome dan beberapa layanan afiliasi Telkom lainnya.

Karena perdebatan, akses ini diberikan. Dengan demikian, IndiHome kini menawarkan layanan dual play dan triple play. 

2. Paket Internet Unlimited

TELKO mulai memberlakukan Fair Usage Policy (FUP) pada pelanggannya pada 1 Februari 2016. Kebijakan FUP adalah pembatasan akses data ketika jumlah pengguna internet melebihi ambang batas yang telah ditentukan.

Layanan FUP tidak terbatas, yang merupakan masalah karena ini adalah biaya satu kali. Saat IndiHome diluncurkan, mereka langsung menerapkan kebijakan ini tanpa bernegosiasi dengan pihak lain. Mereka langsung mulai menggunakan kebijakan FUP, tanpa instruksi lebih lanjut. Terlepas dari kenyataan bahwa kebijakan ini diterapkan oleh sejumlah besar perusahaan. Meskipun demikian, saya tidak bisa tidak merasa tidak nyaman.

Telkom, di sisi lain, mengklaim bahwa 2.000 IndiHome dipesan setiap hari. Jabodetabek adalah tempat pelanggan paling puas. Lebih dari setengah juta orang Indonesia sudah menjadi pelanggan IndiHome.

Telkom, di sisi lain, telah mampu menghadirkan konten 4K IPTV.

Cara Mendaftar dan Berlangganan IndiHome

Produk Telkom ini sangat diminati oleh masyarakat luas. Banyak orang yang tertarik dengan IndiHome karena penawarannya yang unik dan menarik.

Bahkan, tidak jarang orang yang ingin mendaftar tetapi tidak yakin bagaimana melakukannya. Untuk menghindari penipu, sangat penting untuk mengikuti prosedur Telkom saat mendaftar. Tidak masalah jika Anda mendaftar secara online atau secara langsung.

Namun, sebelum mendaftar IndiHome, Anda harus membaca dan memahami syarat dan ketentuannya. Ketika Anda mendaftar untuk suatu layanan, Anda akan dikenakan biaya awal sebesar Rp. 75.000 (BPS).

Persyaratan tambahan adalah pemasangan dan konfigurasi perangkat IndiHome secara gratis.

Proses berlangganan IndiHome sangatlah mudah. Anda tidak perlu bantuan orang lain untuk melakukan ini.

1. Melalui Situs Resmi IndiHome

Mendaftar dengan cara ini adalah metode yang paling efisien. Anda dapat menemukan semua informasi yang Anda butuhkan tentang IndiHome di halaman ini.

Periksa untuk melihat apakah Anda cocok untuk paket yang Anda daftarkan sebelum Anda melakukannya. Karena itu akan menjadi kritis di masa depan.

Anda juga dapat mempelajari tentang promosi IndiHome terbaru di website ini.

2. Via Plasa Telkom

Plasa Telkom akan meminta izin Anda untuk menyerahkan dokumen yang diperlukan. Anda kemudian dapat melanjutkan instalasi perangkat IndiHome Anda segera setelah Anda menyelesaikan proses pendaftaran.

3. Melalui Call Center 147

IndiHome dapat berlangganan melalui telepon jika Anda terlalu sibuk untuk mengunjungi situs web. Selain itu, mendaftar dengan rute ini akan memungkinkan Anda untuk mengakses informasi penting tentang IndiHome, yang akan menghemat waktu Anda dalam jangka panjang.

4. Avenger IndiHome

Paket IndiHome dijual oleh Avenger IndiHome sendiri yang memiliki arti sele. Pada saat pendaftaran, Avenger IndiHome juga memberikan kemudahan bagi Anda untuk memulai. Selain hemat waktu, cara ini juga bisa disebut “tidak bertele-tele”.

Anda dapat menemukannya di mal atau acara yang disponsori Telkom. 

Berikut perbedaan WiFi.id dan IndiHome

Tidak seperti WiFi.id, IndiHome menawarkan layanan yang lebih luas, termasuk akses telepon rumah dan televisi interaktif.

Tidak ada sambungan telepon rumah atau layanan TV interaktif yang tersedia melalui WiFi.id. WiFi.id, di sisi lain, hanya dapat diakses melalui internet.

Akibatnya, layanan pelanggan yang diberikan oleh kedua layanan juga berbeda. Akses publik ke WiFi.id tersedia. Untuk penggunaan pribadi, IndiHome adalah pilihan yang lebih baik. Alhasil, jangan heran jika Anda menemukan hotspot WiFi.id di berbagai tempat umum.

Karena sifatnya sebagai jaringan berbasis rumah, layanan internet IndiHome hanya tersedia bagi mereka yang tinggal di rumah.

Jika ada, pelanggan akan menggunakan AP (accept point) atau dengan kata lain hotspot yang tidak bisa dilakukan oleh WiFi.id. IndiHome, di sisi lain, mengakui bahwa layanan mereka paling cocok untuk mereka yang juga membutuhkan akses internet.

Dapat digunakan di rumah maupun di kantor pribadi. Sementara itu, WiFi.id lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat umum. Tentunya hal ini mirip dengan lokasi layanan publik yang menawarkan berbagai manfaat dan cara mengaktifkan layanan tersebut.

Ada biaya bulanan yang terkait dengan penggunaan layanan IndiHome. Ini tergantung pada produk tambahan yang dipilih.

Jika Anda sudah memiliki langganan WiFi.id, Anda tidak perlu khawatir membayar jumlah yang berbeda setiap bulannya. Anda cukup membeli paket dengan biaya lebih murah.

Saat ini ada tiga opsi yang bisa dipilih publik. Lima ribu orang akan mendapatkan ini setiap hari. Untuk dua puluh ribu dolar seminggu. Atau, Anda bisa membayar $50.000 per bulan.

Selain melakukan registrasi, pengecekan ketersediaan, dan pemasangan tools, pelanggan IndiHome juga harus melalui serangkaian proses yang cukup panjang.

Pelanggan WiFi.id akan kesulitan menghadapi hal ini. Karena pelanggan WiFi.id hanya perlu membeli voucher di lokasi AP, layanan lebih nyaman. Paket WiFi.id kini bisa dibeli menggunakan dompet digital seperti LinkAja.

Selain itu, Anda tidak perlu memberikan lokasi pemasangan perangkat jika ingin menggunakan WiFi.id. Jika Anda tidak berencana menggunakan WiFi Manage Service untuk menyediakan layanan jaringan publik.

Anda telah memutuskan, bukan? Apakah Anda akan menggunakan IndiHome atau yang lainnya?

Produk dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. dapat dibeli terlepas dari pilihan Anda. Jelas bahwa Anda perlu mempertimbangkan pro dan kontra dari suatu produk dengan hati-hati.

Banyak dari Anda yang dapat mengambil manfaat dari informasi dalam ulasan kami tentang SMTP Telkom IndiHome dan penjelasan kami tentang produk IndiHome ini. Entah itu karena portnya diblokir atau yang lainnya.

Baca Juga: